Pencarian populer

Tips Sediakan Bekal Sekolah Sehat yang Disukai Anak

Ilustrasi Bekal Sekolah Anak (Foto: Thinkstock)

Tak hanya perlu sehat, bekal sekolah anak juga mesti disukai anak supaya bekalnya dapat dikonsumsi dengan lahap. Seringnya orang tua terlalu fokus menyiapkan bekal sekolah serba sehat seperti hanya sayur dan buah-buahan. Padahal tak semua anak bisa langsung suka.

Kalau sudah begitu, tentu Anda harus memutar akal agar anak berselera pada bekal sekolah sehat yang Anda siapkan.

Dian Permatasari, MGizi, SpGK, Spesialis Gizi Klinik, membagikan tips bekal sekolah sehat dan dapat disukai anak berikut ini:

Ajak Diskusi Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock)

Ini penting Moms! Mengajak anak bicara dan diskusi tentang menu bekal sekolah banyak untungnya. Selain bagi orang tua juga tak repot, anak pun terlatih untuk menentukan pilihan dan bertanggung jawab atasnya.

Anda juga bisa melibatkan anak dalam menyiapkan bekal sekolahnya juga lho Moms. Misalnya, Anda mengajak si kecil suatu waktu untuk ke minimarket membeli bahan-bahan makanan, meminta tolong anak memotong sayur, hingga menyiapkan hiasan untuk bekalnya. Pasti menyenangkan!

Variasikan Menu

Bekal bikinan sendiri (Foto: Thinkstocks)

Jangan ragu untuk mencari inspirasi bekal makan dari berbagai sumber, Moms. Seperti buku resep makanan, buku tentang bekal anak, video di youtube, dan banyak lainnya. Sehingga anak yang melihat varian menu setiap hari merasa antusias, dan tak sabar mengetahui variasi apa lagi yang Anda siapkan khusus hari ini.

Hindarkan Camilan Manis

Makanan manis (Foto: Pixabay)

Anak dan camilan manis, seolah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Anak-anak selalu suka aneka jajanan dengan gula-gula atau krim yang memang menggoda selera. Tapi, waspadai konsumsi berlebihan Moms.

Pasalnya, bukan saja dikhawatirkan ada banyak pengawet dan pemanis buatan berbahaya bagi tubuh anak, tapi juga bisa menimbulkan potensi gangguan kesehatan. Seperti kerusakan gigi hingga obesitas akibat penumpukan kalori.

Berkreasi dengan Menu Bekal

Bekal Sekolah (Foto: Thinkstock)

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kreasi bekal sekolah anak. Misalnya saja, menghias bekal dengan tokoh karakter favorit si kecil, lengkap dengan properti khas si tokoh karakter menggunakan sayuran warna-warni.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: