kumparan
7 Mar 2018 13:55 WIB

Umur Berapa Sebaiknya Anak Mulai Sekolah?

Ilustrasi PAUD. (Foto: Thinkstock)
Di bulan Maret ini, banyak orang tua yang sudah mendaftarkan anak balitanya ke sekolah. Tentu saja bukan sekolah dasar ya, Moms. Tapi Kelompok Bermain, PAUD, atau preschool yang umumnya memang menerima siswa sejak usia balita.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan orang tua di Indonesia mulai memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah seperti ini sejak anak berumur 3 tahun. Tapi ada juga yang memasukkan anaknya lebih dini yaitu sekitar umur 18 bulan.
Perbedaan-perbedaan ini, mungkin saja membuat Anda bertanya: umur berapa sih, saat yang tepat anak mulai bersekolah?
Sebenarnya, tidak ada patokan usianya, Moms. Banyak ahli berpendapat bahwa usia ideal anak mulai mengikuti kegiatan rutin yang terstruktur adalah antara usia 2 - 3 tahun.
Pembelajaran PAUD. (Foto: Prameshwari Sugiri)
Pada rentang usia ini, seorang anak umumnya sudah memiliki banyak kemampuan yang ia butuhkan untuk mengikuti kegiatan di sekolah. Misalnya bisa memahami dan mengikuti instruksi sederhana serta mampu menyebutkan dan mengelompokkkan benda-benda sesuai kategori.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, tidak semua anak yang berusia 2 - 3 tahun siap sekolah. Semua tergantung kepribadian dan kesiapan anak termasuk sudah seberapa mandiri anak Anda saat ini. Bila anak belum siap, tidak perlu memaksa memasukkannya ke sekolah, ya.
Yang juga perlu menjadi catatan Anda, hingga usia 5 tahun, pendidikan yang tepat dan paling baik untuk anak adalah lewat permainan. Jadi, meski anak tampak siap dan sudah lebih mandiri, jangan masukkan anak ke sekolah yang bentuk atau kegiatan-kegiatannya sangat formal. Ini tidak baik untuk tumbuh kembang anak.
Tidak mau kan, niat baik anak menyekolahkan anak malah merugikannya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan