• 0

5 Fakta soal Rizky yang Tewas Akibat Gigitan King Cobra Kesayangan

5 Fakta soal Rizky yang Tewas Akibat Gigitan King Cobra Kesayangan


Rizky Diperiksa Tim Medis

Rizky diperiksa tim medis. (Foto: Facebook/Zekoy PRj)
Pemuda asal Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rizky Ahmad, akhirnya dimakamkan setelah dianggap mati suri oleh pihak keluarga. Rizky digigit ketika sedang beraksi dengan ular peliharaannya di Car Free Day Palangkaraya.
Kematiannya menghobohkan masyarakat karena dokter yang telah memvonis Rizky meninggal sejak Senin (9/7), namun pihak keluarga masih meyakini pria berusia 19 tahun itu belum meninggal.
Berikut rangkuman sejumlah fakta soal Rizky Ahmad yang terpatuk ular King Cobra peliharaannya.
1. Ular berasal dari banjir Sungai Kahayangan, Palangka Raya
Ular King Cobra milik Rizky yang telah menggigit dirinya berasal dari banjir yang melanda bantaran Sungai Kahayangan, Palangka Raya. Ular tersebut sepanjang tiga meter dan berbisa dengan taring di mulutnya.
Ular King Cobra didapat tidak jauh dari tempat tinggal Rizky. Ayah Rizky, Suwardi menuturkan, ular itu ditemukan oleh warga di sekitar Jalan Danau Rangas di dekat rumahnya. Ketika itu ada warga yang meminta agar ular tersebut ditangkap.
"Pada waktu itu warga minta tolong ada satu king cobra, warga minta tolong evakuasi. Kebetulan anak saya memang mencari king kobra," tutur Suwardi.
Setelahnya, ular tersebut tidak langsung Rizky pelihara. Oleh Rizky, ular yang memiliki racun ganas itu dijinakkan terlebih dahulu dalam jangka waktu 1,5 bulan.

Ular King Cobra yang menggigit Rizky belum dievakuasi

Ular King Cobra yang menggigit Rizky belum dievakuasi (Foto: kumparan)
2. Digigit saat asyik mengobrol bersama teman
Terlalu asyik mengobrol bersama temannya saat memamerkan aksinya di Car Free Day (CFD) Bundaran Besar, Palangka Raya, Rizky tidak menyadari jika ular peliharaannya itu terlepas dan menggigit lengan kanannya.
Pemuda mencintai hewan reptil itu lalu dilarikan ke RSUD Dorys Sylvanus Palangka Rraya sekitar pukul 06.30 WITA. Oleh tim dokter, Rizky dirawat intensif di ICU. Namun,seteah dilakukan berbacai upaya penolongan, Senin (9/7) tim medis menyatakan Rizky telah meninggal dunia karena gagal jantung.
"Dari ciri-ciri klinisnya itu henti jantung. Pasien masuk IGD di hari minggu sekitar 06.30 pagi. Secara klinis sudah dinyatakan meninggal," ujar Humas RSUD Dorys Sylvanus, dr. Cipta Yanatama saat dihubungi kumparan, Selasa (10/7).
3. Dianggap mati suri selama 4 hari
Kematian Rizky tidak seperti orang meninggal lainnya, yang segera dikuburkan oleh pihak keluarga. Rizky malah dianggap masih hidup oleh keluarganya. Walaupun pihak RSUD Dorys Sylvanus Palangka Raya menyatakan Rizky telah meninggal.
Pasalnya dari hasil pemeriksaan kondisi tubuh Rizky oleh tim medis, mereka menyatakan kondisi tubuh Rizky masih hangat meski sudah dinyatakan meninggal oleh dokter. Pihak keluarga pun percaya bahwa Rizky masih hidup.

Rizky Ahmad, remaja dipatok King Cobra

Rizky Ahmad, remaja yang dipatok ular king cobra (Foto: Facebook/Yuni Rusmini)
4. Keluarga lakukan ritual menghidupkan kembali Rizky
Untuk memulihkan Rizky kembali, keluarga mengadakan ritual adat yang menyertakan pawang ular setempat. Pihak keluarga menjalankan ritual tersebut didampingi oleh tabib dan pawang ular.
Menurut tabib, Rizky akan siuman dari racun ular setelah 7 hari 7 malam. Pernyataan tersebut dikutip dari akun Facebook keluarga Rizky.
Tubuh Rizky ditempatkan di luar rumah dan dialasi daun pisang. Kobra yang menggigit Rizky juga ditaruh berdekatan dengannya. Keluarga berharap ular tersebut menyedot kembali racun yang ada di tubuh Rizky.
Setelah diadakan ritual tersebut, Amang Rambo, pawang ular, mengatakan kondisi Rizky sudah mulai ada perubahan dari sebelumnya.
"Jadi ada perubahan yang tadinya seperti batu es sekarang ada hangatnya. Darah ada yang keluar saya lihat, tapi itu tidak lepas dari bantuan teman-teman yang lain untuk kesembuhan itu," jelas Amang Rambo.
5. Keluarga akui Rizky meninggal usai dianggap 4 hari mati suri
Rizky dinyatakan meninggal oleh pihak keluarga setelah ular king cobra tersebut dilepas. Ia dimakamkan setelah berhari-hari dianggap mati suri oleh pihak keluarga. Rizky dikuburkan di pemakaman umum yang berada di dekat kediaman keluarganya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (12/7) siang.
Prosesi pemakaman Rizky ditayangkan secara live oleh akun Facebook Lembaga Swadaya Rakyat Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LSR LPMT) Kalimantan Tengah.
Pemakaman Rizky pun dihadiri oleh tokoh agama setempat yang memimpin proses penguburan dan pembacaan doa. Bahkan puluhan warga mengahadiri pemakaman Rikzy, tangis haru pun turut mengiringi proses penaburan bunga di pusara Rizky.


NewsViralRizky Digigit UlarKing Cobra KalimantanKalimantan Tengah

presentation
500

Baca Lainnya