kumparan
14 Feb 2019 5:32 WIB

Ani Yudhoyono dan Sel Kanker yang Menghampirinya

Ani Yudhoyono Foto: dok.Avissa Harnes / kumparan
Setelah delapan hari menemani suaminya, Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), berkampanye di Sumatera, Ani Yudhoyono tumbang. Awalnya, ia diperiksa di Jakarta. Namun, tim dokter merujuknya ke negeri Singa agar bisa diobservasi lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
Setelah sepuluh hari dirawat, kabar mengejutkan itu pun hadir. Bukannya kelelahan, Ani Yudhoyono rupanya justru mengidap kanker darah yang cukup agresif.
“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” ucap SBY dalam video yang dibagikan Partai Demokrat, Rabu (13/2).
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menemani Ani Yudhoyono di rumah sakit. Foto: instagarm @rika_schmall
Sebagai mantan ibu negara, Ani pun mendapatkan fasilitas khusus berupa Tim Dokter Kepresidenan yang dipimpin oleh Mayjen TNI Dr Terawan Agus Putranto. Mereka telah berangkat ke Singapura sejak Selasa (12/2).
Sebelumnya, sebenarnya Ani pernah mengidap beberapa penyakit. Misalnya, batu empedu dan demam thypoid atau tipus. Ani juga sempat menjalani operasi pengangkatan batu empedu pada tahun 2012 silam.
"Ibu Ani adalah sosok yang kuat, tabah, dan tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan termasuk ketika kami bersatu dalam suka dan duka selama 10 tahun saya mengemban tugas memimpin Indonesia dulu," ucap SBY.
Ani Yudhoyono ditemani keluarga saat dirawat di Singapura. Foto: Facebook/@Ani Yudhoyono
Informasi sakitnya Ani pun menyebar. Sejumlah tokoh mulai berdatangan, menjenguk istri Presiden ke-6 RI itu di Singapura, antara lain, Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief, dan Rachland Nashidik, Mantan Wamenkumham Denny Indrayana, Mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang juga besan SBY.
ADVERTISEMENT
Selain itu mantan Menkumham Amir Syamsuddin, mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng serta beberapa keluarga dan staf SBY juga berada di Singapura untuk menjenguk mantan ibu negara.
Masyarakat Indonesia ikut bersimpati dengan kondisi kesehatan yang dialami Ani Yudhoyono. Mereka memberikan doa untuk kesembuhan Ani Yudhoyono melalui sejumlah media sosial, salah satunya Twitter. Ramainya doa warganet untuk Ani Yudhoyono membuat tagar #CepatSembuhBuAni bertengger di trending topik di Twitter Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan