kumparan
19 Jul 2018 16:13 WIB

Begal yang Tembak Mati Saripah Biasa Lukai Korban dan Dikenal Sadis

Kabid Humas Polda Metro Kombes Argo Yuwono (Foto: Fadjar Hadi/kumparan)
Pelaku pembegalan yang menembak Saripah (34) di Cipondoh, Tengarang, akhirnya ditangkap. Pelaku berinisial R rupanya biasa melukai korbanya sebelum membawa kabur barang berharga yang sudah diincar.
ADVERTISEMENT
"Modus yang bersangkutan melukai korban baru membawa barang korban," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/7).
Hal serupa juga dilakukan R saat membegal Saripah. R menembak dada Saripah yang berusaha mempertahankan sepeda motor yang akan dibegal. Tapi, kali ini R tidak berhasil membawa sepeda motor incarannya karena sudah dikerubungi warga dan memilih segera kabur. Selain pistol, R juga kerap membawa senjata tajam untuk berjaga-jaga.
"Sama dengan modus yang kemarin, tapi karena ketahuan dia belum sempat membawa barang," imbuh dia.
Counter pulsa tempat kejadian pembegalan di Tangerang Kota (Foto: Reki Febrian/kumparan)
R akhirnya ditangkap di Pekanbaru, Riau, saat akan melanjutkan pelariannya ke Medan. Polisi lalu membawa R ke Tangerang untuk menunjukkan tempat dia melakukan begal.
ADVERTISEMENT
Saat itu, R berupaya merebut senjata polisi yang mengawalnya. Akhirnya, polisi melakukan tindakan tegas dengan menembak mati R.

R berupaya merebut senjata polisi yang mengawalnya. Akhirnya, polisi melakukan tindakan tegas dengan menembak mati R.

- -

Selain R. masih ada satu pelaku lainnya, yakni J yang kini masih buron. Keduanya biasa berbagi peran saat beraksi.
"R (perannya) joki saat kejadian (pembegalan Saripah) tapi dia sering ganti peran, kadang joki kadang eksekutor. Sementara J itu saat kejadian jadi eksekutor," katanya.
Dari tangan pelaku, polisi menyita sepucuk pistol rakitan serta 3 butir peluru. Selain itu polisi juga menyita pakaian milik pelaku yang dibuang di sebuah sungai di Lampung.
"Saat ini masih ada seorang pelaku lagi yang buron, inisial J. Yang saat ini sedang keluar Jakarta, tim ada di sekitar Jakarta dan di luar Jakarta mohon doanya agar tersangka satunya bisa kita tangkap," tutup Argo.
ADVERTISEMENT
Peristiwa pembegalan ini sendiri terjadi pada 4 Juli lalu di depan sebuah minimarket di kawasan Cipondoh, Tangerang. Saripah saat itu sedang menemani suaminya membeli pulsa. Saat itulah R mencuri motor milik pasutri itu. Suami Saripah yang mengetahui hal itu berusaha mempertahankan motornya. Pelaku lalu menembak dan mengenai Saripah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan