Pencarian populer

Kala Dinasti Halilintar Tenggelamkan Syahrini hingga Selena Gomez

Konten Data Penguasa YouTube Indonesia. (Foto: Basith Subastian/kumparan)

Nama Atta Halilintar bertengger di puncak klasemen YouTuber dengan subscribers tertinggi di Indonesia versi Social Blade, Kamis (10/11). Sebuah aplikasi yang mengukur performa akun-akun di media sosial, termasuk YouTube.

Hari itu, Atta baru menyalip perolehan subscribers Ricis Official milik Ria Ricis yang turun ke peringkat dua. Total subscribers Atta mencapai 6.485.076, naik 32.932 dibanding hari sebelumnya. Sementara Ricis, hanya naik 28.182 ke angka 6.482.783.

Nama Ria Ricis memang menjadi pesaing terkuat Atta di Indonesia. Bahkan, persaingan berebut subscribers terkesan hanya terjadi pada kedua akun mereka.

Pasalnya, jumlah subscribers masing-masing cukup jauh di atas akun-akun milik orang Indonesia lain. Sebut saja, akun milik Raditya Dika yang berada di peringkat ke-3 klasemen. Jumlah subscribers-nya terpaut sekitar 1 juta.

Akun Atta maupun Ricis juga tidak bisa disejajarkan dengan akun-akun YouTube milik artis populer yang kerap tampil di televisi. Perbedaan jumlah subscribers-nya terlalu jauh.

Misalnya, akun milik Syahrini yang subscribers-nya ada di angka 341.134. Atau akun Joshua Suherman dengan 126.786 subscribers. Terpaut, 6 juta lebih dari Atta.

Memang, ada beberapa selebritas televisi yang juga punya subscribers tinggi. Misalnya, Deddy Corbuzier dengan 2,3 juta subscribers. Atau Sule dengan subscribers sekitar 900 ribu. Tapi tetap, masih jauh dari Atta Halilintar maupun Ria Ricis.

Pengamat Media Sosial Nukman Lutfhie menyebut, kesetiaan penonton YouTube biasanya lebih kuat ke wajah-wajah baru yang bukan artis. Alasannya, akun non-artis itu benar-benar membangun kepopulerannya di YouTube dari nol.

Mereka menjadi populer karena membuat konten di YouTube. Berbeda dengan akun-akun YouTube milik artis yang sosoknya sudah terlebih dahulu populer lewat televisi.

"Kalau di YouTube, harus bisa menaklukkan hati penonton. Sementara di TV, harus menaklukkan hati produser," kata Nukman ketika dihubungi kumparan, Rabu (14/11).

Dia menjelaskan, karakter artis di televisi memang berbeda jauh dengan pesohor di YouTube. Di televisi, seorang calon artis harus punya kecocokan dengan produser serta karakter stasiun televisinya. Setelah itu, barulah si artis memulai perjuangan untuk menaklukkan penonton.

Sementara di YouTube, sasaran utama yang harus ditaklukkan adalah penonton. Tanpa ada lapis-lapis produser atau karakter stasiun televisi.

"Makanya orang-orang yang menjadi selebritas di Facebook, Twitter, dan YouTube itu adalah yang memang jago konten. Mereka lebih tangguh dari pada artis TV yang pindah ke media sosial," katanya.

Seperti Atta Halilintar yang mendirikan akun YouTube milknya pada 26 Januari 2014. Kala itu, tentunya popularitas Atta belum seperti saat ini. Bahkan, ketika subscriber-nya kian bertambah ke angka 500 ribuan, Atta pun masih menghadapi beragam kesulitan.

Sebut saja, dari sisi kamera yang digunakan. Waktu itu, Atta hanya mengandalkan kamera handphone harga Rp 900 ribuan untuk merekam konten-kontennya. Bahkan, alat editing konten juga masih pinjam.

Hingga akhirnya, penghasilan dia terus bertambah dari Rp 1,5 juta hingga kisaran Rp 250 juta per bulan. Atta pun akhirnya bisa mempercanggih peralatannya. Dari minjam ke beli laptop murah hingga kini punya komputer canggih.

"Mengurangi mendengarkan kata orang. Kurangi banyak bicara tapi lebih bertindak," katanya.

Atta pun tidak sukses sendirian, tapi bersama-sama dengan anggota keluarganya yang lain. Di YouTube, akun-akun dengan nama belakang Halilintar berjumlah 12. Termasuk, milik Atta sendiri.

Ada Gen Halilintar yang merupakan akun milik keluarga Atta. Lalu ada adik Atta, Saaih, Tariq, Sajidah, dan 7 nama lain dengan jumlah subscribers masing-masing di atas 400 ribu.

Jika ditotal, jumlah subscribers dinasti Halilintar ini mencapai angka yang sangat besar. Yakni 18 juta subscribers dengan total ditonton (views) hingga 1,67 miliar kali.

Jumlah views konten-konten dinasti Halilintar bahkan mengalahkan akun YouTube sejumlah selebritas internasional. Sebut saja Beyonce, Justin Bieber, Selena Gomez, juga Ariana Grande.

Selengkapnya seputar cerita Atta Halilintar dan seluk beluk YouTubers Indonesia dapat disimak dalam topik Penguasa YouTube.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: