Pencarian populer

Kim Jong-un Tinggalkan Vietnam Naik Kereta Berlapis Baja

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengucapkan selamat tinggal sebelum naik kereta untuk berangkat ke Korea Utara di stasiun kereta Dong Dang di Vietnam. Foto: Reuters/Kim Kyung-Hoon

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un kembali ke Pyongyang usai melakukan Konferensi Tingkat Tinggi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan kunjungan kenegaraannya di Vietnam.

Sebelum pulang, Kim berkesempatan mengunjungi situs Ho Chi Minh Mausolom untuk menghadiri upacara peletakan karangan bunga. Kim juga sempat dijadwalkan untuk bertemu sejumlah pebisnis Vietnam, namun dibatalkan.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Monument to War Heroes and Martyrs di Hanoi, Vietnam. Foto: Reuters/Kham

Sama seperti keberangkatan, Kim pulang dengan menggunakan kereta api. Dilaporkan dari AFP, Kim meninggalkan Hanoi pada Sabtu (2/3) siang waktu setempat menggunakan kereta berlapis baja berwarna hijau.

Kereta Kim mengawali perjalanan dari Stasiun Dong Dang dan kembali ke Pyongyang melalui China. Sebelum Kim sampai, petugas kebersihan sibuk membuat stasiun tampak bersih. Puluhan tentara Vietnam juga terlihat berjaga di dekat Stasiun Dong Dang.

Sebelum berangkat, Kim pun melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan dengan rakyat Vietnam.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengucapkan selamat tinggal sebelum naik kereta untuk berangkat ke Korea Utara di stasiun kereta Dong Dang di Vietnam. Foto: Reuters/Kim Kyung-Hoon

Salah satu alasan kedatangan Kim ke Vietnam adalah untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Pertemuan Kim dan Trump ditujukan untuk membahas proses pelucutan nuklir. Namun, setelah bertemu selama dua hari, kesepakatan pelucutan nuklir tidak dihasilkan.

Trump yang memilih angkat kaki dari pertemuan menyatakan, dengan kegagalan ini maka sanksi ekonomi terhadap Korut masih diberlakukan.

Infografik Roller Coaster Hubungan Kim Jong-un dan Donald Trump. Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59