Pencarian populer

Kuasa Hukum Rizieq Sebut Yusril Ingin Menjatuhkan Prabowo

Sugito Atmo Prawiro, pengacara Rizieq Syihab. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Kuasa hukum Rizieq Syihab Sugito Atmo Prawiro menanggapi beredarnya percakapan antara Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Izha Mahendra dengan kliennya. Dalam percakapan pembahasan dukungan capres pada November 2018 itu, Rizieq menyebut capres nomor urut 02 Prabowo Subianto Islamnya lemah.

Sugito mengatakan sudah berkoordinasi secara langsung dengan Rizieq. Menurut Rizieq, Yusril sengaja membeberkan chat itu kepada publik untuk membuat letupan politik dan memojokkan paslon tertentu jelang hari pencoblosan.

"Mengenai masalah ini sebenarnya yang substantif permasalahannya itu kan yang tahu persis Habib Rizieq Syihab, itu yang pertama. Habib meyakini itu hanya sekadar untuk letupan politik yang Habib sebenarnya tidak membicarakan semacam itu (Islam Prabowo lemah). Kedua kalau terhadap hal semacam itu, kan multitafsir sih menurut Habib, ini menjelang pilpres, dia (Yusril) memojokkan paslon tertentu," kata Sugito saat dihubungi, Kamis (4/4).

Bukti chat Yusril dan Rizieq. Foto: Dok. Yusril

Sugito menilai wajar jika Yusril melakukan hal itu. Sebab Yusril sudah menyatakan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Kalau Yusril kan dengan berbagai macam caranya dia sebagai politikus ya tentunya akan memanfaatkan momentum ini untuk menaikkan paslon 01 karena dia mendukung paslon 01. Ya itu hak dia lah," ucap Sugito.

Namun, Sugito menegaskan saat ini Rizieq mendukung penuh pasangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Rizieq juga yakin Prabowo memiliki simpati kepada partai Islam dan juga para Habib dan Ulama.

"Habib sekarang mendukung dan menaati Itjima," tegas Sugito.

Lebih lanjut, Sugito mengatakan saat ini Rizieq belum berencana menarik kasus ini ke ranah hukum. Ia mengatakan dalam waktu dekat Rizieq akan memberikan klarifikasi mengenai kasus ini.

"Belum (ambil langkah hukum) tapi dia (Rizieq) akan mengklarifikasi dulu dalam bentuk statement dalam bentuk pendapat beliau," tutup Sugito.

Sebelumnya beredar sebuah video di media sosial mengenai dua kebohongan besar Prof Yusril Ihza Mahendra yang disampaikan Rizieq Syihab. Pertama, Rizieq mengatakan Yusril telah berbohong dengan mengatakan sering telepon-teleponan dengan dirinya. Kedua, Yusril juga berbohong menyebut ‘Islam Prabowo Tidak Jelas’ dengan mengatasnamakan dirinya.

Ketua Bidang Pemenangan Presiden dari PPB, Sukmo Harsono, dalam jumpa pers, Rabu (3/4) menegaskan, Yusril berbicara yang sebenarnya terkait pernyataan Rizieq yang menyebut Prabowo lemah Islamnya. Karena itu, Sukmo membantah Rizieq yang menuding Yusril berbohong.

Alat bukti yang dilampirkan Sukmo berupa screenshot percakapan antara Yusril dan Rizieq pada November 2018 lalu. Percakapan tersebut membahas mengenai capres mana yang akan didukung oleh keduanya.

Sukmo juga menampilkan bukti percakapan itu. Dalam kesempatan itu, Sukmo membacakan petikan percakapan antara Yusril dengan Rizieq.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22