kumparan
20 Jan 2018 20:06 WIB

Netizen Ramai-ramai Puji Riyan, Pelajar SMK yang Berjualan Gorengan

Riyan, pelajar SMK yang berjualan gorengan (Foto: Facebook.com/Sennapriyantono.)
Video seorang pelajar SMK yang tengah berjualan gorengan ramai diperbincangkan di media sosial. Pelajar yang diketahui bernama Ryan itu merupakan siswa SMK Mutiara 1 Jakarta Utara.
ADVERTISEMENT
Aktivitasnya yang tengah berdagang, direkam dan dibagikan di Facebook oleh Senna Priyantono. Sebenarnya, video tersebut diunggah pada bulan September 2017, namun sejak Jumat (19/1) viral di media sosial.
"Ini pelajar yang patut dicontoh,
Namanya : Riyan
Pelajar SMK Mutiara 1 Jakarta Utara dan masih duduk di bangku kelas 10.
Kesehariannya selalu menyempatkan waktu setelah pulang sekolah dia berjualan gorengan combro dan misro," tulis Senna di Facebook.
Alasan Riyan berjualan tidak lain adalah membantu perekonomian ibunya. Ia berjualan dengan cara berkeliling kampung dan setiap hari Jumat berjualan di depan Masjid Polsek Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Di pertemuan sehabis Salat Jumat pada bulan September 2017 itulah, Senna mengabadikan aktivitas Riyan yang tengah berjualan. Ia mengatakan, dirinya bukan hanya menyaksikan Riyan berjualan sehabis ibadah solat Jumat melainkan setiap hari.
ADVERTISEMENT
"Setiap hari juga lihat. Salat Jumat barengan. Dia jualan di depan masjid, kalau hari biasa dia kelilng kampung terus mangkal deket kerjaan saya," ujar Senna kepada kumparan (kumparan.com) Sabtu (20/1).
Senna sendiri bekerja sebagai salah seorang sales di sebuah toko ponsel. Menurut Senna, sampai saat ini Riyan masih tetap berjualan gorengan berkeliling kampung.
Hingga Sabtu (20/1) sore, video yang diunggah oleh Senna sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali. Unggahan ini juga disukai lebih dari 24 ribu pengguna dan dibagikan lebih dari 20 kali.
Netizen pun ramai-ramai memuji apa yang dilakukan oleh Riyan.
"Insya Allah akan menjadi enterpreneur sejati nantinya... Amin. Mentalnya sudah terbangun sejak dini. Good Job," komentar akun Alfiant Milagros.
ADVERTISEMENT
"Semoga kelak menjadi orang yang sukses ya. Amin," komentar akun Fahrudin Adha.
Lalu akun Puri Handayani juga berkomentar,"Alhamdulillah masih ada anak yang soleh membantu ibunya. Semangat ya nak, Insya Allah menjadi orang yang sukses. Semoga kita yang sudah mempunyai anak, memiliki anak yang soleh juga. Amin,"
Dan masih banyak ribuan komentar lainnya.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan