kumparan
24 Jun 2019 4:51 WIB

Partai Oposisi Menang Pilkada Wali Kota Istanbul, Erdogan Beri Selamat

Suasana Pemilu Daerah di Turki. Foto: Reuters/Murad Sezer
Partai oposisi atau Partai Rakyat Republik (CHP) Turki memenangi pemilihan ulang wali kota di Istanbul yang dilaksanakan pada Minggu (23/6) waktu setempat. Ekrem Imamoglu yang merupakan kandidat wali kota CHP berhasil mengungguli lawannya, yakni Binali Yildirim, mantan perdana menteri Turki yang diusung Partai Erdogan AKP.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Reuters, dari total 99 persen suara yang telah masuk, CHP meraih sebesar 54 persen suara. Sementara AKP hanya meraih 45 persen suara.
"Hari ini, 16 juta penduduk Istanbul mendapat hadiah atas kepercayaan pada demokrasi dan menyegarkan kami dalam keadilan," kata Imamoglu kepada para pendukungnya, Senin (24/6).
Yildirim telah mengakui kekalahannya dan turut memberikan ucapan selamat. Ia mendoakan agar Imamoglu dapat memimpin Istanbul dengan baik. "Semoga berhasil," ucap Yildirim.
Tak hanya itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan turut memberikan selamat atas kemenangan AKP. Erdogan memberikan ucapan selamat lewat akun Twitternya.
"Saya berharap hasil pemilihan Istanbul akan bermanfaat bagi kita semua. Kehendak nasional sekali lagi telah terwujud hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada Ekrem Imamoglu yang telah memenangi pemilihan berdasarkan hasil tidak resmi," ucap Erdogan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Dewan Pemilu Tinggi Turki menyatakan akan sesegera mungkin mengumumkan hasil resmi.
Pemilihan ulang ini merupakan pemilihan yang kedua setelah hasil pemilihan pada Maret lalu dibatalkan. AKP mengajukan banding. Dewan Pemilu Tinggi Turki pada Mei menyatakan pemilu tersebut diwarnai kecurangan. Namun, hal itu dibantah oposisi dengan mengatakan keputusan pengadilan itu adalah "kudeta" terhadap demokrasi.
Kekalahan AKP memicu kemarahan Erdogan yang dianggapnya memalukan bagi partai penguasa. Pasalnya, Erdogan adalah wali kota Istanbul di tahun 1990-an. Selain itu, Erdogan pernah mengatakan "Siapa pun yang memenangi Istanbul, memenangi Turki".
Namun, AKP berpeluang kalah lagi dalam pemilu kedua. Menurut berbagai poling yang dikutip Reuters, Imamoglu unggul tipis atas Yildirim. Beberapa poling bahkan memuat Imamoglu unggul hingga 9 poin.
ADVERTISEMENT
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Foto: REUTERS/Tumay Berkin
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan