Pencarian populer

Polisi Amankan Sejumlah Amplop Berisi Uang dari Massa Perusuh

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal (depan) dan Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kanan). Foto: Mirsan Simamora/kumparan

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal mengatakan massa yang rusuh di sekitar Jalan Sabang, Jalan Hasyim Wahid, dan Jalan KS Tubun dini hari tadi berasal dari luar Jakarta. Iqbal menyebut pihaknya telah mengantongi sejumlah bukti terkait hal itu.

"Bisa saya sampaikan bahwa dari beberapa peristiwa tersebut berbagai data sudah kami dapatkan. Hasil sementara bahwa mayoritas massa dari luar Jakarta. (Berasal) dari Jawa Barat, Banten, dan ada juga dari Jawa Tengah, dan ada bukti-bukti," kata Iqbal di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

Dari sejumlah massa yang telah ditangkap dan diamankan, polisi melakukan penggeledahan. Dari massa, polisi juga telah menyita sejumlah amplop yang masih lengkap dengan uangnya.

Polisi pukul mundur massa ricuh di kawasan Tanah Abang Foto: Iqbal/kumparan

"Dan ada juga setelah digeledah masih menyimpan amplop dan uangnya masih ada. Sudah kami sita dan kami dalami," tuturnya.

Iqbal juga menegaskan massa yang membuat kerusuhan dini hari tadi bukanlah massa spontan, melainkan massa yang memang sudah disiapkan sebelumnya.

"Saya menyampaikan bahwa dari rangkaian tadi, dari massa yang aksi damai, bahwa peristiwa dini hari tadi bukan massa spontan. Bukan peristiwa spontan tapi adalah by design, settingan," pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57