kumparan
9 Mar 2019 7:56 WIB

Unpad Imbau Mahasiswa yang Miliki Persoalan Pribadi Tak Sungkan Curhat

Unpad Jatinangor Foto: Flickr/Universitas Padjadjaran
Rentetan insiden bunuh diri mahasiswa terjadi di Universitas Padjadjaran (Unpad). Kasus bunuh diri yang paling anyar, dilakukan seorang mahasiswa berinisial AH (22). Mahasiswa semester 6 Fakultas Peternakan tersebut diduga bunuh diri karena persoalan asmara.
ADVERTISEMENT
Kepala Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Syauqy Lukman mengimbau mahasiswa agar lebih terbuka terhadap masalah pribadinya. Ia mengatakan, Unpad memiliki konseling yang dapat membantu setiap permasalahan mahasiswa.
"Bila ada kendala terkait perkuliahan, juga masalah-masalah pribadi lainnya, mahasiswa dapat melakukan konseling dengan dosen wali, wakil dekan, manajer akademik dan kemahasiswaan atau Kepala Program Studi. Adapun layanan bimbingan dan konseling Unpad, dipusatkan pada TPBK (Tim Pelayanan dan Bimbingan Konseling) Fakultas Psikologi yang memang memiliki kompetensi di bidang tersebut," kata Syauqy lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (9/3).
Syauqy mengungkapkan, TPBK merupakan unit layanan yang berada di setiap fakultas. Mahasiswa yang ingin konseling ke TPBK, kata Syauqy tidak dipungut biaya.
"TPBK (Tim Pelayanan dan Bimbingan Konseling) adalah unit layanan yang dimiliki oleh Fakultas Psikologi Unpad, diperuntukkan gratis bagi mahasiswa Unpad yang membutuhkan bantuan psikologis. Layanan yang tersedia di TPBK meliputi bimbingan karir, kesulitan belajar, penyesuaian diri, masalah akademik, pertemanan, interaksi sosial dan permasalahan, psikologis lainnya," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, AH ditemukan oleh 3 temannya di dalam kamar kos. Salah satu teman AH merupakan kekasihnya yang sebelumnya sempat berkelahi lewat pesan WhatsApp.
“Korban ditemukan pacarnya bersama dua temannya saat menjenguk korban. Penyebab sementara diduga karena putus cinta,” kata Hartoyo kepada kumparan.
Jenazah AH sendiri saat ini masih menjalani autopsi di rumah sakit setempat. Korban diketahui merupakan mahasiwa semester 6 Fakultas Peternakan Unpad asal Kabupaten Subang.
Jika Anda membutuhkan informasi terkait depresi atau ingin berbicara tentang isu kesehatan mental lainnya, Anda dapat menghubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat, atau mengontak komunitas 'Into the light' untuk mendapat pendampingan di situs https://intothelightid.wordpress.com/
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan