Pencarian populer

100% Komponen Mobil Listrik Reli Dakar Buatan Indonesia

Mobil Balap Listrik BLITS (Foto: Phaksy Sukowati/kumparan)

Jumlah purwarupa kendaraan listrik buatan anak bangsa bertambah. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur berhasil menelurkan dua mobil dan satu sepeda motor berbasis listrik.

Dua kendaraan berbasis listrik itu adalah BLITS, yang merupakan mobil dua alam yang disiapkan untuk ajang Reli Dakar dan Kasuari, mobil off-road bermesin Diesel hybrid, serta satu unit sepeda motor bernama E-Moped.

Direktur Eksekutif PUI-SKO ITS Surabaya, Muhammad Nur Yuniarto, mengakui dalam membuat tiga kendaraan listrik tersebut, kesulitan utama adalah dalam proses pengembangan BLITS dan Kasuari.

“Dua mobil ini yang paling sulit. Sebab dua mobil ini kami katakan belum mencapai 100 persen selesai. Tapi secara keseluruhan sistemnya sudah oke. Tapi kami harus uji dulu sebelum berangkat uji coba 15.000 kilometer mengelilingi nusantara,” kata Nur.

PLN Eksplore (Hybrid Kasuari) (Foto: Phaksy Sukowati/kumparan)

Bukan tanpa alasan, seluruh komponen dari kendaraan listrik ini sudah dibuat secara mandiri, yang artinya tidak bergantung dengan pihak lain.

“Jadi tidak sekadar merakit. Tapi komponen-komponen, mulai dari paket baterai didesain sendiri, kontrolernya juga pakai desain sendiri, begitu juga dengan bodinya sehingga kami perlu membuatnya dengan waktu yang cukup lama,” paparnya.

Dalam mengembangkan kendaraan listrik baru ini, tim memerlukan waktu 7-8 bulan. Kemudian proyek ini menggunakan dana yang berasal dari Universitas Budi Luhur, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kemristekdikti, dana internal mandiri dari ITS, serta beberapa sumber dana lain.

“Total sekira Rp 3,5 Milliar untuk pembuatan unit mobil. Untuk uji coba dalam ekspedisi BLITS diperkirakan juga memakan dana Rp 2-2,5 miliar dalam tiga bulan perkiraan lama ekspedisi,” Nur menambahkan.

Spesifikasi BLITS dan Kasuari:

BLITS : 100% Electric, Offroad Series, 200 km Range, Made in Indonesia, BLDC Axial 2 x 50 kw, CVT Gearbox, 18650 Li Ion Battery 90 kWh, 350 V, Independent Front & Rear Suspensions.

Hybrid Series Kasuari : 100 kW, 50 kVA Diesel Generator, 50 kWh Battery Pack

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60