kumparan
7 Jan 2019 14:25 WIB

5 Amunisi Xpander Bendung Kehadiran Avanza Baru

Mitsubishi Xpander di pameran GIIAS 2018, ICE, BSD, Tangerang, Jumat (3/8). (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Toyota Avanza baru akan meluncur dalam waktu dekat. Rival dari Mitsubishi Xpander ini nantinya bakal punya muka baru dan tentu saja penambahan fitur agar lebih kompetitif.
ADVERTISEMENT
Tapi cukupkah aspek penyegaran yang ada pada Avanza baru itu untuk membendung Xpander? Mengingat Low MPV Tiga Berlian ini justru punya daya tarik yang tidak dimiliki oleh Avanza anyar. Apa saja keunggulan Xpander ini? Simak ulasannya.
1. Desain wajah kekinian
Sejak bentuk purwarupanya muncul dalam bentuk XM-Concept, fascia Mitsubishi Xpander mampu memikat perhatian banyak orang. Bisa dibilang desainnya tidak seperti mobil-mobil kebanyakan yang lampunya sejajar dengan kap mesin.
Bukan itu saja, bagian depannya ini juga dipercantik dengan daytime running light (DRL), suatu ornamen simpel khas mobil-mobil mewah, yang mana tidak dimiliki oleh Avanza terbaru.
Mitsubishi Xpander di pameran GIIAS 2018, ICE, BSD, Tangerang, Jumat (3/8). (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
2. Kaya fitur
Mitsubishi menawarkan Xpander dengan berbagai fitur keselamatan aktif, seperti dual SRS airbags, rem ABS, EBD, dan BA.
ADVERTISEMENT
Belum cukup di situ, ada pula ESS atau Emergency Stop Signal, HSA atau Hill Start Assist, juga ASC yang disebut sebagai Active Stability Control atau kontrol stabilitas, sesuatu yang tidak dimiliki para kompetitor di kelasnya, kecuali Mobilio dan Ertiga ESP.
Mitsubishi Xpander (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Sedangkan untuk Avanza paling baru kabarnya akan memiliki fitur yang sama seperti sebelumnya, berupa ABS, EBD, juga dual SRS airbags.
3. Pilihan interior
Bisa dibilang Mitsubishi Xpander satu-satunya Low MPV yang menawarkan dua pilihan warna interior. Jadinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter si pembeli.
Pilihannya ada nuansa interior paduan warna beige dan hitam, serta interior yang keseluruhannya hitam khusus tipe Sport.
Mitsubishi Xpander (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Kendati demikian, jangan lupakan Avanza dan Veloz baik versi lawas dan terbaru. Keduanya ternyata punya perbedaan warna pada interiornya. Bila Avanza terbaru memiliki paduan warna hitam dan krem kecoklatan, Veloz punya keseluruhan warna interior hitam.
ADVERTISEMENT
4. Penggerak depan
Mengenai sistem penggerak, Xpander dan Avanza punya perbedaan yang sangat signifikan. Xpander mengusung sistem gerak pada roda depan (FWD), sementara Avanza terbaru masih mempertahankan sistem gerak roda belakang (RWD).
Baik FWD maupun RWD punya keunggulannya masing-masing. Hanya saja dengan sistem gerak depan, as roda depan langsung terhubung dengan transmisi tanpa adanya gardan, sehingga tenaga mesin langsung tersalurkan.
Mitsubishi Xpander warna Bronze Metallic (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Hal tersebut membuat tarikan lebih bertenaga dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.
5. Model gado-gado LMPV dan LSUV
Kemunculan Mitsubishi Xpander pun langsung memunculkan perdebatan. Bentuknya yang menyerupai LSUV, tapi punya akomodasi layaknya LMPV.
Di segmennya, hanya Xpander yang punya wujud demikian dan ditambah ground clearance paling tinggi (205 mm). Sedangkan Avanza, Mobilio, atau pun Ertiga berturut-turut punya ground clearance 200 mm, 189 mm, dan 180 mm.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan