Pencarian populer

Bersihkan Kotoran di Piston Motor Tanpa Perlu Bongkar Mesin

Ilustrasi seperangkat piston motor (Foto: dok. Wikimedia)

Tidak banyak yang tahu kalau piston motor bisa dibersihkan tanpa harus bongkar mesin. Hanya saja pembersihannya berskala kecil, artinya kotoran yang menempel di piston harus tergolong ringan.

Juki, penggawa bengkel R59 Matic Shop menuturkan, pembersihan piston berguna membasmi kerak yang berpengaruh terhadap proses pembakaran di ruang mesin.

Ilustrasi blok mesin motor yang dibongkar (Foto: dok. Xjrider)

"Efeknya kalau piston kotor itu ya akibatnya tarikan berat sama agak boros," buka Juki saat disambangi kumparanOTO di bengkelnya di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (26/11).

Hanya saja menurut pria yang juga berkecimpung di tim balap Honda Rekor Ohlins IRC Oei ini, membersihkan piston tanpa membongkar blok mesin kurang memberikan dampak yang optimal. "Kalau disemprot doang lewat lubang busi pakai carbon cleaner kurang maksimal," imbuhnya.

Ilustrasi kepada piston yang berkerak (Foto: dok. Motorcyclezombies)

Tapi buat kamu yang penasaran dan ingin menjajalnya, tidak ada salahnya mencoba, terlebih bisa dilakukan di rumah.

Cara paling mudah untuk membersihkannya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke lubang busi. Cairan ini bisa ditemukan di pasaran dengan berbagai macam merek yang biasanya berlabel Carbon Cleaner.

Pertama, panaskan mesin dan tunggu suhunya menghangat, setelah itu lepas busi dan semprotkan cairan pembersih lewat lubang busi tadi. Kemudian, tunggu 10 sampai 20 menit sampai cairan bereaksi melarutkan kerak pada piston.

Kepala (Cop) Busi dan Pelindung Karetnya (Foto: Alfons Yoshio/kumparan)

Setelahnya, nyalakan kembali mesin motor menggunakan engkol dan tutup lubang busi menggunakan kain agar tidak muncrat kemana-mana. Lalu tarik gas hingga putaran mesin menengah, jangan ragu kalau mesin akan terasa brebet dan mengeluarkan asap putih.

Setelahnya cek kembali kain tersebut apakah terdapat butiran kerak atau noda cairan yang keruh. Apabila ada noda yang dimaksud, kerak berhasil diluruhkan oleh carbon cleaner.

Apabila sudah, pasang kembali busi dan tarik tuas gas lagi sedalam-dalamnya untuk mengehempaskan kerak yang luruh karena ikut terbakar dalam ruang mesin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61