Pencarian populer

Bocoran GIIAS 2019: Ada Wuling Almaz Manual

Test drive Wuling Almaz melintasi ruas tol Bocimi Foto: dok. Wuling Motors
Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan dimanfaatkan sejumlah pabrikan buat memamerkan mobil terbarunya. Tak terkecuali Wuling Motors yang ternyata siap menghadirkan varian baru jajaran mobil yang dimilikinya ini.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan di arena Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Selasa (16/7), ada sekumpulan mobil Wuling yang mengantri masuk hall ICE. Menariknya, salah satu mobil merupakan Almaz bertransmisi manual.
Bocoran Wuling Almaz transmisi manual Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Ini diketahui saat mengecek dari luar, dan ternyata tuas transmisinya bertingkat ala mobil manual. Terlihat ada 6 tingkat percepatan pada konsol tengah SUV berdarah Tiongkok tersebut.
Coba menelisik lagi, sayangnya tidak begitu jelas apakah model tersebut Almaz manual murni atau berupa Automatic Clutch Transmission (ACT) seperti pada Confero baru. Sulit memastikan apakah Almaz tersebut berupa dua atau tiga pedal.
Detail lain yang terlihat ada pada head unit-nya yang masih sama seperti varian otomatik 8-percepatan, berupa layar sentuh 10,4 inci. Namun ketika melongok bagian plafon tidak terlihat panoramic sunroof. Hanya ada kisi-kisi AC.
Bocoran Wuling Almaz transmisi manual Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Bisa dikatakan Wuling Almaz ini merupakan varian bawah. Hal ini diperkuat dengan absennya sejumlah kamera pada ujung grille maupun di bawah spionnya yang menjadi piranti pendukung kamera 360.
ADVERTISEMENT
Masih ada hal menarik lagi, sistem penguncian juga masih berupa anak kunci biasa. Musababnya setelah tengok ke bagian belakang setir, masih ada slot kunci untuk menyalakan mesin.
Bocoran Wuling Almaz transmisi manual Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Belum lagi desain velgnya yang tidak nampak seperti Almaz yang dijual saat ini yang punya dua warna. Untuk Almaz manual yang berada di lapangan parkir ini terlihat velgnya berupa palang lima berwarna silver dengan logo Wuling di tengahnya.
Bocoran Wuling Almaz transmisi manual Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Satu detail lain yang menggambarkan perbedaan dibanding Almaz sebelumnya ada pada lampu seinnya. Namun ini masih asumsi kami. Lanpu sein Almaz manual ini nampaknya ada pada bagian bawah sejajar dengan lampu kabut. Sebab bila diperhatikan, ada lampu halogen berwarna oranye mencirikan lampu sein.
ADVERTISEMENT
Bila benar, tentu menjadi diferensiasi selain Almaz varian otomatik yang lampu seinnya menyatu dengan lampu daytime running light (DRL).
Bocoran Wuling Almaz transmisi manual Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selebihnya tidak ada detail lainnya yang terungkap. Paling desain bumper belakang dan grille yang berbeda. Spesifikasi lengkap mencakup data teknis mesin, fitur, maupun banderolnya akan diumumkan Wuling pada pembukaan GIIAS yang dihelat 18 Juli nanti.
Oh iya, selain Almaz manual dan mobil Wuling lainnya, adapula model yang dimodifikasi seperti pameran otomotif sebelumnya. Sayangnya belum ketahuan model yang dimaksud karena masih ditutupi cover.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80