kumparan
11 Sep 2019 19:21 WIB

Cerita BJ Habibie Tolak Toyota Camry Pemberian Negara

Mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie melambaikan tangan kepada para pendukung ketika dia duduk bersama hadirin untuk mendengarkan Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato utama di Universitas Indonesia di Jakarta pada 10 November 2010. Foto: AFP PHOTO / BARBARA WALTON
Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya pada 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). Sebelumnya, pria yang punya julukan Mr. Crack ini, mendapat perawatan intensif sejak 2 September lalu.
ADVERTISEMENT
Banyak kenangan yang ditinggalkan, oleh pria yang terkenal dengan kisah cinta abadi ‘Ainun Habibie’. Salah satu yang juga menarik adalah saat dirinya enggan menerima fasilitas kendaraan yang diberikan oleh negara.
Saat itu, tepatnya pada 19 tahun lalu --ketika masa jabatan sebagai Presiden RI selesai, negara melalui Sekretariat Negara pernah menawarkan mobil dinas (inventaris) baru yang diperuntukkan bagi Bapak BJ Habibie. Hanya saja dirinya menolak menggunakannya.
Bacharuddin Jusuf Habibie Foto: Fanny Kusumawardhani
"Sampai sekarang beliau belum berkenan menerima kendaraan dinas dari pemerintah sebagai mantan Presiden RI," kenang Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, kepada kumparan pada 2017 lalu.
Terkait alasan BJ Habibie belum bersedia menerima mobil negara, Rubijanto hanya menjawab singkat. "Belum mendesak," ucapnya.
Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala pada saat itu menuturkan, fasilitas mobil yang diberikan kepada mantan Presiden dan Wakil Presiden adalah jenis Toyota Camry, bukan Mercedes Benz S600.
Suasana di kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Dasar hukumnya adalah UU No 7 tahun 1978 yang mengatur juga soal penyediaan sejumlah fasilitas, kepada mantan Presiden dan Wakil Presiden oleh negara.
ADVERTISEMENT
"Mantan presiden dan mantan wakil presiden selama ini presedennya adalah, diberikan bantuan kendaraan berupa jenis Toyota Camry 2.4 atau 3.6 keluaran 2005 atau 2007. Mulai dari Pak Habibie, Gus Dur, Ibu Mega, Pak Try Sutrisno, Pak Boediono," kata Darmansjah di Kantor Sekretariat Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
BJ Habibie diketahui punya beberapa mobil yang digunakan untuk keperluannya. Namun Habibie lebih sering menggunakan mobil jenis Mercedes Benz.
Selamat jalan Pak BJ Habibie.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·