kumparan
21 Sep 2018 14:12 WIB

Hasil Tes Tabrak Suzuki Jimny Baru Mengecewakan

Tes tabrak Suzuki Jimny (Foto: dok. EuroNCAP)
Suzuki Jimny terbaru hanya mendapatkan 3 dari 5 bintang dalam tes tabrak European New Car Assessment Programme (EuroNCAP). Sebagai produk baru dan akan diniagakan di daratan benua biru, torehan ini cukup mengecewakan.
ADVERTISEMENT
Meski sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berupa airbag depan, samping dan curtain (pilar), Suzuki Jimny belum maksimal membuktikan sisi keselamatannya. Terlebih airbag sisi pengemudi yang kurang mengembang menyebabkan area dada tidak terlindungi dan berpotensi membenturkan kepala dengan setir kemudi.
Dalam video yang diunggah lembaga itu pun terlihat saat uji tabrak depan (frontal offset), rangka bodi sekitar pintu Suzuki Jimny mengalami perubahan bentuk setelah terbentur, namun masih memberikan perlindungan yang terbilang aman untuk bagian paha hingga dengkul kaki penumpang depan dan pengemudinya.
Saat uji tabrak dengan kecepatan 50 km/jam, struktur rangka juga tidak mampu melindungi kepala penumpang depan maupun belakang secara sempurna.
Video
Hal lain yang juga menjadi fokus perhatian buruknya hasil tes tabrak ini adalah Autonomous Emergency Braking (AEB), fitur keselamatan tambahan untuk Suzuki Jimny yang dijual di Eropa. Hasilnya, sistem tersebut masih membahayakan pejalan kaki saat melaju dengan kecepatan 30 km.
ADVERTISEMENT
Pada keterangan tertulis EuroNCAP, sistem tersebut tidak dapat mendeteksi benda yang bergerak lebih cepat seperti pengendara sepeda.
Tes tabrak Suzuki Jimny (Foto: dok. EuroNCAP)
"Sebagai mobil yang benar-benar baru, ia seharusnya menawarkan perlindungan yang jauh lebih banyak kepada pengemudi jika terjadi kecelakaan. Teknologi keamanannya pun tidak berfungsi optimal," sebut Director of Thatcham Research (lembaga rekanan EuroNCAP), Matther Avery, seperti mengutip Carscoops.
Pada pengujian yang dilakukan September 2018 itu, untuk sisi perlindungan penumpang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP) Suzuki Jimny mendapatkan 27,9 dari 38 poin, perlindungan anak (Child Occupant Protection/COP) sebesar 41,4 dari 49 poin, perlindungan pejalan kaki (Vulnerable Road Users) sebesar 25,1 dari 54 poin, dan 6,5 dari 13 poin untuk Safety Assist.
Mobil Jimny keluaran terbaru, di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (3/8) (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan