Pencarian populer

Kapan Yamaha NMax Punya Versi Listrik dan Hybrid?

Yamaha NMax warna baru (matte red) Foto: YIMM
PT Astra Honda Motor telah melepas PCX Listrik pada akhir Januari 2019 lalu, menyusul versi mesin 150 cc dan hybrid yang sudah mengaspal sebelumya. Ini seolah membuka babak baru, dalam menyongsong era kendaraan listrik dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Sebelum PCX Listrik, sebenarnya sudah ada beberapa nama skuter listrik yang namanya mencuat lebih dahulu, seperti GESITS dan Viar Q1.
Memang, pemerintah Indonesia juga berencana mendorong penggunaan kendaraan listrik, di mana regulasinya hanya tinggal finalisasi saja.
Berkesempatan bertemu dengan petinggi Yamaha Indonesia --pabrikan sepeda motor terbesar kedua, pertanyaan soal motor listrik kemudian terlontar. Apakah Yamaha bakal menyusul Honda gelontorkan motor listrik, pada salah satu model terlaris mereka, NMax misalnya?
Secara spontan merespons, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto, menyebut itu adalah ide bagus. Namun dirinya tak meneruskan pernyataan singkat tersebut.
“Terima kasih itu ide bagus,” ucapnya saat ditemui di sela-sela acara peluncuran Lexi Emblem Gold dan pelayanan baru di Jakarta, Selasa (16/4).
ADVERTISEMENT

Perlu Waktu

Executive Vice President YIMM, Dyonisius Beti, menambahkan bahwa meniagakan motor listrik di Indonesia belum memungkinkan.
“Tentang listrik dan hybrid di Indonesia kita butuh infrastruktur. Kami sudah tes market EV, kami bicara berkali kali pengecasannya seperti apa, atau swap-nya bagaimana,” ucap Dyon.
Sebab, bila unsur pendukung tersebut masih belum tersedia, Dyon pesimistis motor listrik bisa direspons positif oleh pasar dalam negeri. Jadi disebut perlu waktu.
Yamaha NMax 2018 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
“Bila tidak ada infrastruktur, konsumen kalau membeli masal itu tidak bisa. Kendala lainnya juga soal jarak tempuh, di mana rata-rata pengguna motor di sini terbilang jauh, sementara di luar negeri itu pendek,” tuturnya.
Karena itu, kata Dyon, perlu waktu buat bisa memperkenalkan motor listrik di Indonesia. Dirinya bahkan mengungkapkan fakta, kalau Honda saja belum menjual PCX Listrik, baru disewakan saja.
ADVERTISEMENT
“Makanya kompetitor kita itu meluncurkan sifatnya sewa kan, belum bisa dijual, di pulau tertentu,” kata Dyon.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86