Pencarian populer

Kembaran Wuling Almaz di India Lebih Canggih dan Bertabur Fitur

MG Hector, kembaran Wuling Almaz di India Foto: dok. Autoindica

Wuling Almaz bakal jadi model SUV yang terkenal lewat model sharing platform-nya. Mobil yang dibangun dari basis Baojun 530 itu, punya nama yang berbeda di beberapa negara.

Bila di Kolombia menjadi generasi terbaru Chevrolet Captiva, maka di India jadi SUV anyar rakitan pabrikan bermerek MG (Morris Garages) dengan nama Hector.

Chevrolet Captiva dibangun menggunakan platform yang sama dengan Wuling SUV Foto: Autotimes.com

Nah di India ini MG Hector ternyata ditawarkan dalam fitur yang lebih canggih ketimbang Wuling Almaz. Memang sih sama-sama punya audio head unit super besar 10,4 inci, tapi bicara teknologi yang disematkan mirip layaknya mobil konsep di masa depan.

Enggak percaya? Mari kupas fiturnya.

Dari laman resminya ketika mengarahkan kursor ke tab MG Hector, langsung terpampang keunggulan fitur maupun piranti lunak dalam balutan i-Smart pada SUV tersebut.

Tampilan head unit MG Hector Foto: dok. MGmotor

Pertama, tentunya head unit multifungisnya yang selain bisa diandalkan sebagai hiburan pemutar musik, juga dapat menampilkan sistem navigasi dan informasi umum mobil yang persis seperti Wuling Almaz.

Nah yang bikin hebat, layar sentuhnya itu selayaknya sebuah tablet yang diisi kartu SIM. Ya, pabrikan sudah menyematkan kartu SIM 5G berteknologi M2M atau machine to machine yang memungkinkan mobil bisa terkoneksi dengan mobil lain atau terhubung database pada jaringan yang sama.

Fitur canggih yang ada pada MG Hector Foto: dok. MGmotor

Lewat kartu SIM tadi, piranti lunak yang ada pada mobil bisa dengan mudah diperbaharui atau sistem update otomatis pada smarthphone. Bahkan pabrikan pun mengklaim kalau baru MG Hector saja yang sudah menerapkan teknologi tersebut.

Jadinya si pemilik tidak direpotkan untuk datang ke diler untuk sekadar pembaharuan pemrograman.

Selain itu, ada pula fitur Voice Assist Navigation. Bisa dibilang perintah suara untuk mengarahkan sistem navigasi sehingga tangan tidak perlu lagi pindah dari lingkar kemudi ke layar head unit.

Video

Masih belum selesai, ada pula fitur keamanan dan keselamatan bernama E-Call. Fungsi utamanya untuk memberitahukan kondisi darurat apabila sewaktu-waktu pengemudinya kecelakaan.

Indikatornya ada pada airbag. Ketika kantung udara mengembang, sistem secara otomatis mengirimkan pesan pada nomor telepon darurat yang sudah didaftarkan.

Tak kalah menarik, ternyata sistem komputasi pada head unit-nya juga terhubung dengan aplikasi iSmart Next Gen. Jadi setiap pemilik yang hendak melakukan perjalanan, bisa mengecek terlebih dahulu kondisi atau status MG Hector pada aplikasi tersebut.

Fitur scanning pada aplikasi MG Hector Foto: dok. MGmotor

Pada apilkasi tersebut juga pemiliknya bisa dengan leluasa mengatur segala sistem yang ada pada mobil, ya semacam remote control. Mulai dari temperatur AC, bukaan sunroof, sampai membuka atau mengunci pintu bagasi dengan satu sentuhan di layar smartphone.

Terakhir ada fitur Find My car dan Geo Fence yang bisa mendeteksi keberadaan mobil secara real time, juga memberitahukan apabila mobil sedang melaju pada daerah-daerah rawan.

Fitur navigasi pada MG Hector Foto: dok. MGmotor

3 Pilihan Mesin

Selain fitur pemanja dan keselamatan tadi, pabrikan juga menawarkan MG Hector jadi 3 pilihan mesin. Ada mesin 1.500 cc turbo yang mirip Wuling Almaz, juga opsi lain mesin berkonfigurasi sama yang sudah dikombinasikan dengan sistem mild hybrid.

Kemudian, karena orang India suka mesin Diesel, MG Hector juga tersedia varian mesin 2.000 cc Diesel. Dijadwalkan peluncuran resminya pada bulan Juni 2019 mendatang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31