kumparan
11 Sep 2019 21:51 WIB

Mercy SL300 Gullwing Milik BJ Habibie

Mercedes-Benz SL300 Gullwing Foto: dok. Hagerty
Kepergian Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, tentu saja meninggalkan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Namun siapa sangka, dibalik kecintaannya akan dunia penerbangan, sosok BJ Habibie ternyata juga menggemari dunia otomotif.
Mercedes-Benz SL300 Gullwing Foto: dok. Topspeed
Ya, BJ Habibie yang pada masa mudanya menetap di Jerman rupanya sangat mencintai Mercedes-Benz.
Hal itu terlihat dari beragam koleksi mobil klasiknya yang terparkir di basement rumahnya. Mayoritas mobil klasik yang terparkir di situ merupakan mobil-mobil berlogo ‘bintang’.
Yang menarik dan cukup mencuri perhatian, tentu saja sebuah mobil klasik yang amat langka, yaitu Mercedes-Benz 300SL Gullwing berkode bodi W198. Mobil tersebut dikenal akan desainnya yang menarik, karena memiliki ciri khas pada bukaan kedua pintunya yang ke atas.
Mercedes-Benz SL300 Gullwing Foto: dok. Motor1
Mengutip dari nzherald.co.nz, sedan sport klasik yang diproduksi pada kurun waktu 1954 hingga 1957 tersebut, ditemukan oleh BJ Habibie di sebuah hutan di Sumatera dekat makam para Sultan.
ADVERTISEMENT
Dengan kondisi mobil yang saat itu sudah dipenuhi karat dan tidak layak jalan, BJ Habibie rupanya membutuhkan waktu hingga 2,5 tahun untuk membangun kembali mobil ikonik Mercy tersebut.
Mercedes-Benz 300 SL sendiri, bisa dibilang sebagai pelopor hadirnya sedan-sedan sport Mercy yang memiliki ciri khas bukaan pintu ke atas (Gullwing). 300 SL pada awalnya diciptakan Mercedes-Benz bukan sebagai mobil produksi massal, melainkan sebagai mobil balap grand prix jalan raya.
Interior Mercedes-Benz SL300 Gullwing Foto: dok. Carscoops
Sebagai sebuah sedan sport kala itu, 300SL dibekali mesin bensin 6-silinder berkapasitas 3.0 liter. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 220 dk dan torsi 279 Nm.
Berpadu dengan sistem transmisi manual 4-percepatan, 300SL Gullwing diklaim dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 235 km/jam. Dengan tenaga yang cukup buas pada zamannya tersebut, 300SL Gullwing mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 9,3 detik.
Mesin Mercedes-Benz SL300 Gullwing Foto: dok. Carscoops
Karena keistimewaan yang dimiliki oleh mobil ini, konon Mercy hanya memproduksi mobil ini sebanyak 1.400 unit saja. Itupun, 1.100 unit di antaranya hanya untuk pasar Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Sehingga wajar bila Mercedes-Benz 300SL Gullwing kini memiliki harga yang fantastis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·