Pencarian populer

Sebelum Pindah ke SUV, Pahami Karakternya Terlebih Dahulu

Hyundai Santa Fe terbaru di China bakal menggunakan kunci model pemindai sidik jari. (Foto: Paultan)

Sport utility vehicle (SUV) menjadi tren baru di pasar roda empat. Bodinya yang besar, serta punya ground clearance tinggi untuk melibas berbagai medan jalan, menjadi segelintir alasan mengapa banyak konsumen tertarik dengan mobil berjenis ini.

Namun sebelum benar-benar beralih menggunakan SUV untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Musababnya, karakter SUV dari wujudnya punya perbedaan yang mencolok dibanding mobil jenis lain.

Pebalap nasional sekaligus pendiri Rifat Drive Labs Rifat Sungkar mengatakan, sebelum benar-benar memilih SUV, tentukan dulu jenis SUV yang akan dibeli.

Hyundai Santa Fe terbaru di China bakal menggunakan kunci model pemindai sidik jari. (Foto: Paultan)

"Pertama yang penting harus tahu dulu kebutuhan sama kapabilitas si SUV itu sendiri, jangan salah pilih spesifikasi karena SUV ada dua karakter yang beda, buat adventure atau buat harian juga," kata Rifat kepada kumparanOTO, Selasa (8/1).

Setelah memutuskan SUV apa yang hendak dibeli, ada baiknya mencoba posisi duduk SUV yang menjadi sasaran. Rifat menjelaskan tidak semua orang nyaman dengan posisi duduk yang tinggi, meski punya visibilitas yang lebih baik.

"Kedua, paling penting lagi dia itu bisa nyaman sama posisi duduknya, karena berbeda total dari MPV atau sedan, dalam satu angle bisa punya visibilitas yang luas, enggak semua suka sama posisi seperti itu," terangnya lagi.

Kalau sudah merasa pas dan ternyata nyaman, jangan lewatkan waktu untuk mengetesnya di jalan. Mengemudikan SUV butuh adaptasi karena bodinya yang besar bisa-bisa menyulitkan saat berada di dalam kota.

"Cuma ya terakhir ingat saja SUV enggak bisa manuver selincah layaknya Low MPV atau sedan, tapi daya jelajahnya baik," tutup Rifat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22