Pencarian populer

Suzuki Jimny: Merayakan Kembalinya sang Legenda

Amunisi Suzuki Indonesia yang lama disimpan akhir dikeluarkan. Sabtu (12/8) petang itu booth pabrikan berlambang ‘S’ itu makin ramai oleh pengunjung.

Naiknya lima personel God Bless membuat riuh suasana. Sujurus kemudian tepuk tangan pengunjung membahana. Tak sedikit pengunjung berebut menjadi yang terdepan. Sebagian lainnya sibuk dengan gawai dan mengabadikan momen.

Menuju satu lagu terakhir, acara berubah. Seunit mobil yang tertutup selubung perlahan dibuka. Dialah Suzuki Jimny, sangat legenda yang kini hadir kembali ke Tanah Air.

Obat rindu

“Saya mungkin salah satu orang yang besar dengan Jimny dan lagu-lagu God Bless. Masih ingat betul saat itu melintas di kawasan Pondok Indah dan memutar lagu Rumah Kita lewat pemutar kaset,” cerita 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Saputra di atas panggung yang kemudian disambut tepukan tangan penonton.

Suzuki Jimny kali ini hadir kembali. Dony menyebut ini sebagai `obat rindu` yang telah lama dinanti konsumen loyal Suzuki. Gayung bersambut, peluncuran Suzuki Jimny menuai respons luar biasa.

Suzuki Jimny (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)

Dony mengungkap bahwa mobil mungil berkemampuan off-road itu sudah dipesan oleh tak kurang dari 200 konsumen. Padahal, unit yang disediakan cuma 88 unit. Artinya akan ada konsumen yang kecewa lantaran apa yang ia pesan tak kunjung datang. Tapi apa boleh buat, keputusan Suzuki sudah bulat. Mobil itu tak dijual banyak, dan memang ditetaskan sebagai model limited edition.

“Tidak ada kriteria khusus untuk menyortir, hanya saja setiap orang hanya beli satu unit dan masing-masing daerah akan ada wakilnya. Kami usahakan seluruh wilayah Indonesia terwakili,” sebut Dony.

Suzuki Jimny yang hadir kembali ke Indonesia ini merupakan generasi ketiga yang didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang. Mobil berkemampuan off-road ini ditawarkan dengan harga Rp 285 juta dan cuma tersedia dengan transmisi otomatis.

Suzuki Jimny (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)

“Jadi memang Suzuki Jimny cuma tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih yang dikhususkan untuk limited edition di Indonesia,” imbuhnya. Setiap pemilik Suzuki Jimny limited edition ini akan mendapat sertifikat kepemilikan sebagai penguat bahwa mobil yang mereka tebus itu spesial.

Suzuki sendiri menargetkan, 88 unit Suzuki Jimny akan didistribusikan ke seluruh konsumen terpilih pada pertengahan September.

Spesifikasi

Suzuki Jimny memiliki dimensi panjang 3.695 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.705 mm dengan lebar pijak antar roda 1.563 mm. Mobil ini punya radius putar 4,9 meter yang diklami dapat dengan mudah melakukan manuver ketika berkendara di medan yang sempit. Sementara pijakan mobil ini ditunjang dari penggunaan ban berprofil 205/70 dengan ring 15 inci.

Mesin yang dibenamkan adalah berseri M13A yang menggunakan konfigurasi DOHC empat silinder, berkubikasi 1.328 cc VVT 16 katup. Suzuki mengklaim, mesin ini bisa memproduksi tenaga 82 PS pada 5.500 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.500 rpm. Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, mobil dikawinkan dengan transmisi otomatis dengan tiga modus penggerak, 4WD-L, 4WD, atau 2WD.

Suzuki Jimny (Foto: kumparan)

“Modus 4WD ke 2WD ataupun sebaliknya bisa diubah modusnya ketika berkendara di bawah 20 km per jam, tapi kalau untuk ke atau dari 4WD-L harus berhenti dahulu,” jelas 4W Product Development PT SIS Yulius Purwanto.

Di sektor fitur keselamatan, Suzuki Jimny menggunakan rem cakram di depan dan tromol di belakang yang sudah didukung Antilock Braking System (ABS). Mobil juga punya dual SRS di depan untuk melindungi penumpang depan berikut pengemudi. Untuk keamanan, dia juga sudah mengaplikasikan kunci immobilizer.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: