kumparan
23 Feb 2019 20:43 WIB

Tengok Tampang Nissan Juke Baru, Dimensinya Lebih Memanjang

Booth Nissan pada pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (4/8). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Strategi Nissan dalam meluncurkan banyak teknologi dan mobil baru di tahun 2020 bukan main-main. Salah satu mobil yang sedang disiapkannya itu adalah generasi terbaru Nissan Juke.
ADVERTISEMENT
Bukannya tanpa sebab Juke dipilih untuk dipermak, mobil crossover yang memulai debut globalnya tahun 2010 dan resmi dipasarkan di Indonesia sejak 2011 silam tersebut sama sekali belum tersentuh ubahan yang signifikan.
Bocoran Nissan Juke baru tampak depan dan samping Foto: dok. Carscoops
Nah baru-baru ini seperti melansir Carscoops, Juke model baru tertangkap kamera sedang melakoni uji jalan lengkap dengan selimut kamuflase hitam khas mobil baru.
Meski tertutup kamuflase, bentuk khas Nissan Juke lawas masih begitu kentara. Apalagi desain fascia dan lekukan buritannya yang begitu mencirikan Nissan Juke.
Tapi tidak seperti Juke lama, wajahnya sekarang lebih dinamis dan menyipit karena penyematan lampu daytime running light (DRL) yang sejajar kap mesin. Lampu utama juga diperkirakan sudah LED menambah Juke baru jadi makin modern.
Bocoran Nissan Juke baru tampak samping dan belakang Foto: dok. Carscoops
Terlebih walaupun pabrikan mengacak-acak kamuflase bagian grille-nya, bahasa desain V-Motion Nissan juga masih samar terlihat pada Juke baru.
ADVERTISEMENT
Sementara dari samping kabarnya tidak begitu banyak ubahan. Model gagang pintu pun masih serupa seperti dulu yang menempel pada pilar C. Menyoal velg pun juga punya desain yang baru, sedikit mirip lah dengan desain velg-nya Datsun Cross.
Adapun bagian belakangnya ini ada rombakan yang cukup banyak. Lampu bumerangnya ini nampak sudah berganti dengan LED yang membentuk huruf C seperti yang ada pada Nissan Qashqai
Bocoran Nissan Juke baru tampak belakang Foto: dok. Carscoops
Bicara rancang bangun mobil, Nissan Juke baru juga kabarnya akan mengadopsi platform CMF (Common Module Family), yang jadi modal aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dalam pengembangan mobil terbarunya.
Jadi seperti platform MQB (Modular Querbaukasten) kepunyaan Volkswagen Group buat membangun berbagai macam mobil Audi, Skoda, atau Volkswagen, sehingga biaya pengembangan mobil terbaru bisa direduksi.
Rekayasa digital Nissan Juke generasi kedua dari Autocar Foto: dok. Autocar
Nantinya Nissan Juke akan memanfaatkan platform CMF seri B yang menjadi basis mobil sub-kompak aliansi tersebut. Maka tidak heran kalau nantinya punya jarak sumbu roda yang lebih panjang dan kelegaan kabin bertambah.
ADVERTISEMENT
Sebut saja Renault Cilo, Renault Captur, Mitsubishi RVR, Dacia Sandero yang diproyeksikan akan memakai platform yang sama.
Sayangnya belum ada kabar lebih lanjut mengenai jantung mekanis pada Juke baru, terlebih detail kapan peluncurannya. Namun bila melihat perkembangan tren soal penerapan bahan bakar ramah lingkungan, tidak menutup kemungkinan selain bermesin bensin, Juke versi hibrida atau full listrik bisa diluncurkan pabrikan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan