kumparan
15 Mar 2019 8:20 WIB

Toyota Bikin SUV Buat Astronot di Bulan

Mobil konsep SUV Toyota di bulan Foto: dok. Toyota
Jepang berencana mengirim sekumpulan manuia ke bulan pada tahun 2030. Mimpi ini pun terendus oleh Toyota Motor Corporation (TMC) dan akan membantunya dengan menyiapkan SUV besar berbahan bakar fuel cell.
ADVERTISEMENT
Tak main-main, TMC pun sudah menyatakan kesanggupannya itu pada Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), atau bisa dibilang NASA-nya Jepang.
Bentuk konsepnya juga sudah dirilis pabrikan melalui keterangan pada laman resminya. Dari depan, pastinya akan teringat pada desain grille Toyota FJ Cruise dengan lampu membulat yang di sampingnya ada lampu sein.
Buzz Aldrin saat menjejakkan kaki di bulan 1969. Foto: NASA
Namun secara keseluruhan, bentuknya begitu futuristik, bisa dibilang merepresentasikan desain mobil luar angkasa pada film-film fiksi ilmiah.
Sementara kalau melihat kaki-kainya, bannya dirancang khusus punya durabilitas tinggi. Sebab SUV ini harus menyesuaikan medan permukaan di bulan berupa perbukitan, kawah atau tebing yang cukup curam.
Ilustrasi permukaan Bulan. Foto: WikiImages via PIxabay
Kalau mengutip Caranddriver, dimensinya lebih panjang tujuh inci dari double cabin Toyota Tundra. Tapi kalau bicara detailnya, panjang keseluruhan akan mencapai 6 meter dengan ketinggian 3,8 meter.
ADVERTISEMENT
Urusan interior, akan punya volume kabin seluas 13 meter kubik yang muat dua orang astronot, atau bahkan menampung hingga empat orang dalam kondisi darurat.
Guna menyerap tenaga dari matahari, pabrikan menyematkan panel surya yang bisa dilipat dan digulung pada bagian samping kiri dan kanan body mobil sehingga bisa mengefisiensikan ruang kabin.
Mobil konsep SUV Toyota di bulan Foto: dok. Toyota
"Fuel cell yang memakai generator tenaga bersih, hanya menghasilkan zat buang air, dan karena kepadatan energinya tinggi, bisa menyediakan banyak tenaga dan menjadikannya sangat ideal untuk proyek yang sedang dibahas JAXA," ujar Executive Vice President TMC, Shigeki Terashi.
Berbekal panel surya tersebut, daya jelajah mobil bisa mancapai 6.200 mil atau setara dengan 10.916 km.
Sesuai misi JAXA yang akan mengudara ke bulan pada tahun 2030, SUV ini rencananya akan lebih dulu terbang ke sana pada tahun 2029, tentunya untuk mengetahui kesiapan sebelum benar-benar digunakan untuk mengeksplorasi bulan.
Kendaraan mini dari Audi di bulan Foto: dok. Audi
Kendaraan untuk mengarungi luar angkasa ini memang bukan yang pertama, sebelumnya sudah ada pabrikan Jerman lewat Audi Lunar Quattro yang dijadwalkan meluncur akhir tahun ini dan ditugaskan ke Mars.
ADVERTISEMENT
Tapi tidak seperti SUV Toyota, mobil buatan Audi ini begitu mini sehingga tidak bisa dikendarai manusia, dengan kata lain hanya dapat digerakkan melalui remote.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan