kumparan
9 Sep 2019 7:03 WIB

Toyota Rush Kokoh di Puncak, Daihatsu Terios Tergeser Honda HR-V

Toyota Rush Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sejak awal tahun 2019, Toyota Rush nampaknya masih menjadi jawara di segmen low SUV. Berdasarkan data penjualan wholesales yang dirilis oleh Gaikindo, Toyota Rush kembali meraih peningkatan penjualan di bulan Juli lalu.
ADVERTISEMENT
Kini, sejak Januari hingga Juli lali, Toyota Rush berhasil mencatatkan angka penjualan 35.294 unit atau dengan raihan market share hingga 60,26 persen. Angka tersebut, meningkat sangat signifikan bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yang hanya mencatatkan 26.873 unit.
Itu artinya, bila dihitung rata-rata per bulan, sepanjang tahun 2019 Toyota Rush berhasil terjual hingga 5.042 unit per bulannya.
Mobil New Honda HR-V di pameran GIIAS 2018, ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (4/8). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Yang menarik, perubahan posisi justru terjadi di posisi kedua dan ketiga. Daihatsu Terios, yang pada periode Januari – Juni kemarin masih aman di posisi kedua, kini harus bertukar posisi dengan HR-V.
Low SUV besutan Honda tersebut berhasil menempati posisi kedua pada periode Januari – Juli, dengan raihan 10.147 unit. Angka tersebut, sebenarnya menurun jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang mampu mencatatkan hingga 15.339 unit.
ADVERTISEMENT
Sementara Daihatsu Terios, pada periode Januari – Juli 2019 hanya meraih capaian 9.784 unit. Serupa dengan HR-V, Terios juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yang sukses meraih 12.585 unit.
7 Wonders Daihatsu All New Terios Foto: dok. Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dengan hasil negatif yang diraih oleh Terios pada periode Januari – Juli 2019, pihak Astra Daihatsu Motor nampaknya harus banyak berbenah dalam mengawali awal semester kedua ini. Pasalnya, andalan mereka lainnya di segmen low MPV, yaitu Xenia juga kalah bersaing dari rival lainnya dan harus terlempar dari 3 besar.
Selanjutnya di posisi 4, nama Honda BR-V masih relatif aman dengan raihan 2.085 unit sepanjang Januari – Juli. Raihan angka BR-V juga menurun jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang mencatatkan angka 4.673 unit.
ADVERTISEMENT
Lalu, untuk 3 posisi terbawah juga tidak ada perubahan seperti periode Januari – Juni lalu. Pada periode Januari – Juli, posisi 5,6,7 ditempati oleh Suzuki S-Cross dengan 709 unit, Chevrolet Trax 518 unit, dan Nissan Juke 28 unit.
Melihat hasil penjualan low SUV periode Januari – Juli 2019 tersebut, Toyota Rush bisa dibilang menjadi satu-satunya nama yang mengalami peningkatan penjualan, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan