Pencarian populer

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Memasak Daging Kambing

Ilustrasi daging kambing (Foto: Dok. Thinkstock)
Idul Adha biasanya dirayakan dengan berbagai hidangan yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya, terutama daging kambing.
ADVERTISEMENT
Kamu yang suka mengonsumsi daging kambing, harus berhati-hati. Sebab, memakan terlalu banyak daging dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Menurut Healthline, terlalu banyak memakan daging dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kegemukan, kerusakan ginjal, bahkan meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.
Karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan cara memasak daging kambing agar daging tersebut tetap sehat saat disajikan.
Perlu diketahui, daging merupakan sumber dari berbagai macam mineral, vitamin, dan juga tinggi protein. Meski begitu, memasak daging terlalu lama atau dengan cara yang salah justru bisa membuat gizi dari daging tersebut hilang.
Apa saja yang wajib diperhatikan saat memasak daging kambing? Berikut tipsnya.
1. Kurangi lemak pada daging
Lemak pada daging kambing sebaiknya dikurangi. (Foto: BlackWolfi via Pixabay)
Everyday Health menyarankan untuk mengurangi lemak daging yang hendak dimasak. Lemak memang penting untuk tubuh untuk membantu penyerapan vitamin A, D, dan E. Namun menurut National Health Service, terlalu banyak memakan lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung.
ADVERTISEMENT
Cara mengurangi lemak pada daging yang dimasak antara lain, apabila kamu membakar daging, tiriskan daging sementara tersebut dan biarkan sisa lemaknya terbuang.
2. Kurangi daging dengan bahan pengganti
Ilustrasi Jamur (Foto: Pixabay)
Dilansir BBC Good Food, mengurangi daging dalam masakanmu bisa dilakukan dengan menggunakan bahan pengganti yang lebih sehat, seperti dengan menggunakan jamur yang memiliki rasa dan tekstur mirip daging.
Selain itu, dengan memasukkan sayur-sayuran dan juga rempah-rempah ke dalam masakan, bisa membuat makananmu tetap terasa lebih nikmat meski bahan daging telah dikurangi.
3. Pastikan daging dimasak dengan sempurna
Gulai kambing (Foto: Thinkstock)
Daging wajib dimasak sampai matang dan jangan sampai masih mentah. Sebab, sebagaimana dilansir SF Gate, daging mentah dikhawatirkan masih menyimpan sejumlah bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare.
ADVERTISEMENT
4. Kurangi garam dan gunakan kacang-kacangan
Kacang-kacangan (Foto: Thinkstock)
Ada kalanya meski jumlah daging sudah dikurangi, bumbu yang digunakan untuk memasak justru membuat masakan kita tidak sehat dan menjadi lebih tinggi lemak dan kalori.
Oleh karena itu, carilah resep yang tidak membutuhkan banyak garam. Ada baiknya, pakailah resep yang menggunakan kacang-kacangan sebagai sumber lemak sehat yang juga kaya vitamin.
5. Perhatikan minyak untuk menumis
Minyak zaitun (Foto: Thinkstock)
Bila kamu memasak daging dengan cara menumis, ikutilah cara yang disarankan oleh Everyday Health. Ganti minyakmu dengan minyak yang mengandung lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun atau kurangi jumlah minyak yang kamu gunakan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86