Pencarian populer

Pemanasan Global Picu Terjadinya Lebih Banyak Erupsi Gunung Berapi

Pemanasan global (Foto: Pixabay)

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Leeds, Inggris, menemukan bahwa pemanasan global (global warming) dapat memicu lebih banyak erupsi gunung berapi di masa depan.

“Pemanasan global yang disebabkan oleh manusia menyebabkan es mencair lebih cepat di wilayah gunung berapi. Di Islandia, hal ini menyebabkan erupsi gunung berapi semakin sering terjadi,” kata Graeme Swindles, salah satu peneliti dari University of Leeds tersebut, sebagaimana dilansir International Business Time, Minggu (26/11).

Hasil penelitian Swindles dan kawan-kawan itu telah dipublikasikan di edisi terbaru Journal Geology.

Penelitian itu menjelaskan, perubahan suhu di atmosfer menyebabkan penurunan tekanan di bawah permukaan Bumi. Akibatnya, semakin banyak lapisan mantel bumi meleleh dan kemudian menyebabkan terjadi erupsi.

Gunung Agung (Foto: SONNY TUMBELAKA / AFP)

"Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia menciptakan pencairan es yang cepat di daerah yang aktif secara vulkanik. Di Islandia, ini telah membawa kita pada jalan menuju letusan gunung berapi yang lebih sering,” jelas Swindles, dikutip dari Science Daily.

Tidak hanya memenyebabkan semakin banyak letusan gunung berapi, pemanasan global juga menyebabkan sulitnya untuk memprediksi jeda waktu antarerupsi gunung berapi.

“Pemanasan global akibat ulah manusia membuat sulit upaya untuk memperkirakan waktu jeda, namun berdasarkan catatan historis, di masa depan akan ada lebih banyak erupsi yang terjadi di Islandia,” tegas Swindles.

Tak cuma di Islandia, apakah menurutmu erupsi gunung api juga akan semakin sering terjadi di Indonesia? Melihat banyaknya jumlah gunung api di negeri ini, termasuk Gunung Agung yang kini berstatus Awas, berminatkah untuk menelitinya?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23