kumparan
25 Apr 2019 17:16 WIB

Riset Terbaru Ungkap Bahaya Berkendara Saat Gerimis

Pengendara sepeda motor menggunakan mantel saat hujan. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Demi tidak terlambat datang ke kantor atau ingin segera sampai rumah, banyak dari kita yang nekat menembus hujan. Padahal, seperti yang kita ketahui, berkendara saat hujan itu berbahaya.
ADVERTISEMENT
Bahkan sebuah riset terbaru menemukan bahwa mengendarai saat gerimis saja sudah meningkatkan risiko kecelakaan maut hingga 27 persen. Itulah hasil temuan para peneliti dari North Carolina Institute for Climate Studies yang telah dipublikasikan di Bulletin of the American Meteorological Society.
Riset ini juga mengungkap bahwa jalanan yang masih basah meski hujan atau salju telah berhenti turun juga meningkatkan risiko kecelakaan. Mereka menjelaskan bahwa jalanan yang basah bekas hujan, es, dan salju ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan mobil hingga 34 persen
Riset ini dipimpin oleh Stevens, analis data dan ahli meteorologi dari North Carolina Institute for Climate Studies. Stevens menjelaskan bahwa dalam riset ini, ia dan timnya mempelajari lebih dari 125 ribu kecelakaan mobil fatal dari 2006 hingga 2011.
ADVERTISEMENT
Selain itu, mereka juga mempelajari faktor lain, seperti jumlah mobil di jalan, untuk menghitung risiko kecelakaan maut.
Ilustrasi Mobil saat Hujan Foto: Sauerlaender/pixabay
Stevens menjelaskan bahwa riset ini berbeda dengan riset lainnya. Menurutnya, riset lain menggunakan laporan dari polisi dan stasiun cuaca terdekat untuk mempelajari hujan dan salju. Sementara riset Stevens ini menggunakan data yang lebih presisi dari radar cuaca.
Data dari radar cuaca ini membuat peneliti bisa membedakan seberapa deras hujan atau salju yang turun. Selain itu, metode ini juga bisa menghitung seberapa tinggi peningkatan kecelakaan maut. Dari situ para peneliti menemukan bahwa hujan gerimis sekalipun bisa meningkatkan risiko kecelakaan maut.
"Orang-orang mulai melambat ketika hujan turun lebih deras, tapi saya duga mereka meremehkan risiko bahaya hujan gerimis," ujar Stevens kepada Associated Press.
ADVERTISEMENT
Jika gerimis saja sudah sangat berbahaya, apalagi dengan hujan sedang dan hujan deras? Tim peneliti menekankan, semakin basah suatu jalanan maka dia semakin berbahaya. Selain itu, semakin deras hujan yang turun maka dia juga semakin berbahaya.
Tim peneliti ini menemukan dalam risetnya bahwa hujan sedang lebih meningkatkan risiko kecelakaan mobil hingga 75 persen. Mereka menambahkan bahwa hujan deras meningkatkan risiko kecelakaan hingga sekitar dua setengah kali lipat dibanding ketika tidak hujan atau jalanan kering.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan