kumparan
17 Jun 2019 5:03 WIB

Maaf Lorenzo kepada Rossi, Vinales, dan Dovizioso

Jorge Lorenzo di Sirkuit Jerez saat mengikuti sesi latihan bebas GP Spanyol 2019. Foto: JORGE GUERRERO/AFP
Ada drama pada GP Catalunya yang berlangsung pada Minggu (16/6/2019) malam WIB. Baru dua lap balapan berjalan, sudah empat rider yang terjatuh dan mesti mengakhiri duel lebih dini.
ADVERTISEMENT
Tak tanggung-tanggung, crash yang tercipta di tikungan ke-10 itu menyeret nama-nama beken macam Maverick Vinales, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo. Ya, nama yang disebut belakangan menjadi biang keladinya. Lorenzo yang terjatuh duluan kemudian menabrak Dovizioso dan menghantam motor Vinales.
Rossi yang muncul dari belakang memang sempat menghindari motor Lorenzo. Namun, The Doctor akhirnya kehilangan keseimbangan dan jatuh di luar lintasan.
Lorenzo langsung meminta maaf terkait insiden tersebut selepas balapan. Rider asal Spanyol tersebut mengatakan bahwa crash berjamaah itu salahnya sepenuhnya, bukan Rossi, Dovizioso, dan juga Vinales.
"Anda tidak memiliki pilihan apa pun saat terlambat mengerem, seperti yang terjadi pada saya. Itu salah saya dan saya minta maaf. Sangat disayangkan saya membuat Dovi, Maverick, dan Valentino terlempar dari lintasan--itu bukan kesalahan mereka, itu salah saya," kata Lorenzo sebagaimana dilansir Twitter resmi Repsol Honda.
ADVERTISEMENT
Menariknya, insiden tabrakan itu menguntungkan rekan setim Lorenzo, Marc Marquez, yang sebelumnya nangkring di posisi kedua. Ia langsung memimpin balapan tanpa gangguan. Marquez pun mengakhiri balapan dengan waktu 40 menit 31,175 detik -- 2,660 detik lebih cepat ketimbang pebalap di belakangnya.
Kemenangan ini menggenapkan torehan poin Marquez menjadi 140, berjarak 37 angka dari Dovizioso di urutan kedua.
Untuk Rossi, kini berada di posisi kelima dengan torehan 72 poin. Sementara Vinales harus melorot ke urutan 11 dengan koleksi 40 angka. Sedangkan Lorenzo masih mengemas 19 poin dan terseok di posisi 15.
Di sisi lain, bukan cuma Marquez saja yang mendapatkan keuntungan di sini, melainkan juga Fabio Quartararo. Rider Movistar Yamaha asal Prancis itu berhasil mendapatkan podium pertamanya di MotoGp setelah finis sebagai runner-up. Sementara urutan ketiga diisi utusan Mission Winnow Ducati Team, Danilo Petrucci.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan