kumparan
17 Jul 2019 12:24 WIB

Menpora Lepas Kontingen Indonesia untuk ASEAN School Games

Ratusan atlet pelajar Indonesia pada pelepasan kontingen Indonesia untuk Asean School Games di Hotel Patra Semarang, Rabu (17/7). Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Ajang ASEAN School Games 2019 dimulai hari ini, Rabu (17/7/2019). Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, meminta ratusan atlet muda Indonesia yang berlomba di ajang itu bisa mengumandangkan lagu Indonesia Raya sesering mungkin.
ADVERTISEMENT
Imam hadir langsung pada acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Indonesia untuk ASEAN School Games di Hotel Patra, Semarang. Selain memberikan wejangan, ia juga menyemangati para atlet yang berstatus pelajar itu.
"Kumandangkan Indonesia Raya sesering mungikin, minimal 50 kali," ujar Imam dalam sambutannya.
"Harus yakin kita jadi tuan rumah berikan yang terbaik. Bukan berarti juara dengan segala cara, harus menang dengan fair play, dengan jujur, dengan sportif, junjung persaudaraan dengan pelajar se-ASEAN," kata Imam.
ASEAN School Games, kata Imam, jadi langkah awal bagi para atlet muda untuk menjajaki tingkatan yang lebih tinggi. Bahkan, tak menutup kemungkinan para atlet ini adalah calon juara Olimpiade.
Indonesia menargetkan 38 medali emas pada kejuaraan ini, meski Chief de Mission Yayan Rubaeni menegaskan bahwa gelar juara dan medali bukanlah tujuan utamanya.
ADVERTISEMENT
Ada 183 atlet yang merupakan kontingen Indonesia dari 9 cabor pada ajang ini. Para atlet 'Merah-Putih' itu akan bersaing dengan atlet-atlet dari 9 negara lain. Selain berlomba, para atlet juga bakal mengikuti acara Culture Visit yang difokuskan untuk memupuk rasa solidaritas antara pelajar se-Asia Tenggara.
Pergelaran ASEAN School Games tahun ini, yang berlangsung dari 17-25 Juli 2019, merupakan edisi ke-11. Sekitar 1.600 atlet akan berlomba memperebutkan 117 nomor pertandingan dari atletik (38 nomor), renang (41), bulu tangkis (7), basket (2), voli (2), sepak takraw (3), tenis (7), tenis meja (7), dan pencak silat (10).
Indonesia sendiri mematok renang dan atletik sebagai ajang untuk memanen emas. Selain itu, menurut Yayan, masih ada pencak silat yang juga bisa diandalkan.
ADVERTISEMENT
"Dari 10 nomor (pencak silat) yang dipertandingkan nanti, kami yakin bisa meraih 5-6 emas," kata Yayan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·