kumparan
30 Apr 2018 16:35 WIB

Bingung Mengenai Jenis Kuas Mata? Ini Penjelasannya

Kuas riasan mata (Foto: Dok. Istimewa)
Tak hanya skill makeup, Anda juga membutuhkan sederet peralatan khusus untuk mempercantik mata. Salah satunya adalah kuas makeup, yang berguna untuk menyapukan eyeshadow atau menggariskan eyeliner dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Rata-rata kuas riasan mata memiliki bentuk yang mirip, sehingga menyulitkan banyak orang untuk membedakannya. Agar Anda tak bingung, kumparanSTYLE (kumparan.com) merangkum sederet penjelasan sederhana soal jenis dan fungsi kuas riasan mata. Berikut rinciannya!
1. Blending brush
Eye blending brush (Foto: Dok. Istimewa)
Ini merupakan kuas eyeshadow yang wajib untuk Anda miliki. Blending brush memiliki bulu halus dan ringan, dan dibentuk oval.
Sesuai namanya, blending brush berguna untuk meratakan dan menyatukan warna eyeshadow dengan sempurna (dan tak bisa Anda lakukan menggunakan jari tangan). Hasil akhir eyeshadow akan tampak jauh lebih halus dan natural.
2. Angled brush
Eye angled brush (Foto: Dok. Istimewa)
Angled brush memiliki permukaan bulu yang pipih, rapat, dan tak sejajar. Satu sisinya dibuat runcing dan lebih tinggi dibanding yang lain.
ADVERTISEMENT
Kuas ini berfungsi membentuk garis alis dan eyeliner.
3. Contour brush
Eye contour brush (Foto: Dok. Istimewa)
Kuas yang satu ini memiliki fungsi yang mirip dengan blending brush. Hanya saja, kuas ini berguna untuk menciptakan shadow pada area lipatan kelopak mata atau tulang pelipis. Sempurna untuk mengkreasikan dimensi smokey eyes.
4. Cut crease brush
Eye crease brush (Foto: Dok. Urban Decay & Armando Carusso)
Kuas mungil ini berguna untuk mengaplikasikan eyeshadow pada ujung dalam mata. Selain itu, crease brush ini juga sempurna untuk dipakai menarik garis eyeshadow sebelum di-blend menggunakan kuas lain.
5. Smudge eye brush
Eye smudge brush (Foto: Dok. Pony Effect )
Kuas yang satu ini berbentuk lebar dan berbulu pendek. Fungsinya untuk menyatukan gradasi warna eyeshadow pada ekor atau sudut mata, agar tampak lebih natural.
6. Concealer brush
Eye concealer brush (Foto: Dok. Dior & Lancome )
Concealer brush ini dipakai untuk mengaplikasikan concealer pada area pinggir alis. Bisa juga dipakai untuk meratakan concealer pada area kelopak mata, agar eye makeup tampak bersih dan rapi.
ADVERTISEMENT
7. Wing eyeliner brush
Eye wing eyeliner (Foto: Dok. Istimewa )
Sesuai namanya, kuas ini dipakai untuk menarik garis eyeliner pada mata. Biasanya, yang dipakai adalah eyeliner gel. Dengan menggunakan kuas ini, garis eyeliner akan tampak jauh lebih presisi.
8. Spoolie brush
Eye spoolie brush (Foto: Dok. Istimewa)
Kalau kuas yang satu ini, memiliki bentuk yang mirip dengan sikat maskara. Fungsinya untuk menyikat dan merapikan rambut alis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan