kumparan
27 Jun 2018 11:02 WIB

Tips Cermat Berbelanja Kosmetik dan Skincare di Korea Selatan

3CE Garosugil, Korea Selatan (Foto: Dok. Intan Kemalasari)
Tak dapat dipungkiri, dunia kecantikan Korea Selatan sudah sangat terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa industri kecantikan di sana seolah menjadi 'kiblat' bagi para pecinta dunia kecantikan.
ADVERTISEMENT
Ya, industri kecantikan Korsel mampu menarik minat para wisatawan internasional untuk datang dan berbelanja makeup dan skincare langsung di tokonya. kumparanSTYLE yakin, mungkin Anda juga salah satunya.
Apakah Anda tengah berencana untuk berlibur ke Korea Selatan? Jika iya, berbelanja sederet produk kecantikan menjadi salah satu agenda yang sayang untuk dilewatkan.
Namun pastikan, ketahui dulu tips cermat berbelanja di Negeri Ginseng agar Anda puas berbelanja meski waktu berkunjung terbatas. Seperti apa?
1. Ketahui 'surga' makeup di Seoul
Biasanya, para turis akan pergi ke Seoul lebih dulu sebelum bepergian ke daerah lain. Ketahuilah, ada tiga tempat yang merupakan 'heaven on earth' bagi para pecinta dunia kecantikan. Yakni Myeongdong, Hongdae, dan area sekitar Ewha Women's University.
ADVERTISEMENT
Myeongdong sendiri merupakan satu kawasan khusus dan terdiri dari ratusan toko makeup yang berjejer di sepanjang jalan. Bahkan di sana, terdapat lebih dari lima gerai Etude House, Innisfree, Holika-holika, Mamonde, dan beragam makeup lainnya. Jadi jika Anda tidak sempat mampir, Anda masih bisa mampir ke toko lainnya. Para turis asal Indonesia biasanya banyak yang berbelanja di sini.
Sedangkan Hongdae merupakan kawasan yang banyak dikunjungi oleh anak muda di Seoul. Selain banyak kafe dan restoran, terdapat pula jejeran toko-toko makeup di sana. Area Hongdae cukup lupas namun mampu ditempuh dengan berjalan kaki.
Terakhir, daerah Ewha Women's University merupakan universitas khusus perempuan yang terletak tak jauh dari Hongdae. Karena universitas khusus perempuan, sudah pasti toko-toko makeup banyak berjejer di sini. Kawasan ini merupakan area tepat untuk Anda yang ingin berbelanja lebih tenang dan tidak terlalu banyak orang karena tidak semua turis berkunjung ke sini.
Gerai Jung Saem Mool di Korea Selatan (Foto: Dok. Intan Kemalasari)
ADVERTISEMENT
2. Tanya produk yang tengah diskon dan promo
Selain memilih makeup yang ingin Anda beli, jangan ragu untuk bertanya produk apa yang tengah didiskon. Tanya pula promosi apa yang tengah dihadirkan oleh toko tersebut, apakah buy one get one, beli satu diskon 30 persen untuk barang ke-dua, atau promosi lainnya.
Biasanya, banyak toko makeup yang menggelar diskon pada pertengahan bulan. Anda harus rajin-rajin bertanya. Jangan khawatir, karena beauty assistant di sana bisa berbahasa Inggris, Thailand, Jepang, dan Mandarin.
Bahkan tak tanggung-tanggung, banyak produk kecantikan yang dijual dengan harga murah. Tetapi, Anda harus membelinya dalam jumlah banyak. Misalnya, 20 lembar mask sheet dan 10 buah hand cream masing-masing dijual seharga KRW 10 ribu (Rp 125 ribu).
ADVERTISEMENT
3. Minta bantuan beauty assistant
Bila Anda kesulitan menemukan makeup atau skincare yang ingin dicari, jangan ragu minta bantuan beauty assistant. Biasanya mereka akan dengan senang hati membantu. Jika Anda takut terhalang komunikasi, coba tunjukkan gambar makeup yang diinginkan dan mereka akan mencarikannya untuk Anda
4. Jangan ragu minta sample
Untuk pembelian dalam jumlah tertentu, biasanya Anda akan diberikan sample makeup atau skincare secara cuma-cuma. Jika Anda tidak diberikan sample, tidak ada salahnya untuk memintanya di kasir atau kepada pelayan di sana. Cukup katakan 'sample ju-se-yo' dan mereka akan memberikannya.
5. Selalu bawa paspor dan simpan struk belanja
Mayoritas toko makeup di Korea Selatan menerapkan bebas pajak kepada para wisatawan asing untuk pembelian dalam jumlah banyak. Caranya adalah dengan menunjukkan paspor Anda di kasir untuk langsung mendapatkan refund atau potongan harga saat itu juga. Potongan harga yang diberikan pun beragam, mulai dari 5000 won hingga di atas 10 ribu won tergantung pembelanjaan Anda.
ADVERTISEMENT
Tetapi ada pula toko yang tidak menerapkan tax refund. Jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan refund di bandara Incheon sebelum Anda kembali ke Tanah Air. Caranya adalah dengan menunjukkan seluruh struk belanja kepada petugas di sana. Mereka akan menghitung besaran free tax yang harus dikembalikan dan mengembalikannya dalam bentuk pecahan uang Won.
Selamat berbelanja!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan