kumparan
28 Mar 2019 16:44 WIB

Tips Dekorasi: 5 Kesalahan dalam Memaksimalkan Ruangan Mungil

Interior Rumah Bernuansa Hitam Putih. Foto: Instagram/@scandinavianhomes
Memaksimalkan dekorasi ruangan mungil memang gampang-gampang susah. Salah menempatkan barang, bisa membuat ruangan terkesan sesak. Atau jika memilih pencahayaan yang kurang tepat, bisa menghadirkan ilusi yang sempit.
ADVERTISEMENT
Tak jarang, kesalahan-kesalahan sederhana tersebut malah membuat ruangan semakin tidak nyaman. Untuk itu, berikut kumparan rangkum lima kesalahan dalam memaksimalkan ruangan mungil yang perlu Anda hindari. Apa saja?
1. Terlalu banyak menyimpan barang
Ilustrasi ruangan terlalu banyak barang. Foto: Shutterstock
Dalam memaksimalkan ruangan mungil, pastikan bahwa Anda tak banyak menimbun barang. Jika memang hal ini tak bisa dihindari, maka pastikan bahwa barang-barang tersebut tersimpan dalam tempat penyimpanan khusus.
Apabila Anda membiarkan barang-barang tersebut tercecer di tiap sudut ruangan, hal tersebut akan membuat tampilan ruangan Anda semakin sempit.
2. Memilih furnitur yang berlebihan
Furnitur yang terlalu besar. Foto: Shutterstock
Amatlah penting memilih ukuran furnitur disesuaikan dengan luas ruangan Anda. Contohnya, jangan sampai Anda memilih sofa besar di ruang belajar yang mungil. Bukan hanya tak memaksimalkan ruangan, hal ini akan membuat Anda sesak dan tak leluasa.
ADVERTISEMENT
3. Tidak memperhatikan pencahayaan
Dekorasi ruangan penuh pencahayaan. Foto: Shutterstock
Ruangan mungil dengan pencahayaan baik akan menciptakan ilusi ruangan yang luas, terutama pencahayaan alami dari sinar matahari. Selain pencahayaan utama, jangan lupakan aksen-aksen lampu aksesori lainnya, mulai dari lampu dinding, lampu meja, dan lainnya.
4. Terlalu banyak dekorasi berlebihan
Ilustrasi ruangan dengan terlalu banyak barang. Foto: Shutterstock
Segala sesuatu yang berlebihan memang tak baik, termasuk dalam mendekorasi ruangan. Pada ruangan yang mungil, Anda cukup menaruh aksesori-aksesori sederhana. Misalnya, dua atau tiga bantal di atas sofa, satu lukisan di dinding, dan figura foto kecil di meja.
5. Pemilihan warna yang salah
Pilih warna ruangan dengan nuansa cerah. Foto: Shutterstock
Pernahkah Anda mendengar bahwa warna dinding yang cerah membuat ruangan tampak lebih besar?
Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih warna terang pada ruangan mungil tersebut. Jika warna polos terkesan monoton dan membosankan, Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna pastel.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan