Pencarian populer

Tips Kesehatan: 5 Cara Menghindari Perut Kembung

Ilustrasi seorang perempuan sedang mengalami perut kembung (Foto: Shutterstock)

Perut kembung memang tidak menyenangkan. Selain mengganggu aktivitas seharian karena perasaan begah dan nafsu makan tidak teratur, perut kembung juga dapat mengganggu penampilan.

Dikutip dari berbagai sumber, coba praktikan cara-cara berikut untuk menghindari diri Anda dari situasi perut kembung:

1. Hindari konstipasi

Ilustrasi makanan sehat (Foto: dok.Thinkstock)

Sedikitnya kandungan serat, cairan serta kegiatan fisik dapat menyebabkan konstipasi yang kemudian menyebabkan perut kembung. Untuk menghindari hal ini, konsumsi makanan dengan serat yang tinggi (25 gram/hari untuk perempuan dan 38 gram/hari untuk laki-laki). Anda bisa mendapatkan asupan serat dari biji-bijin, buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan. Selain itu, pastikan juga untuk minum air putih 6-8 gelas per hari, serta olahraga setidaknya 30 menit dengan frekuensi minimal 5 kali seminggu.

2. Jangan makan terlalu cepat

Ilustrasi Makan Pizza (Foto: RossHelen/Shutterstock)

Makan terlalu cepat dan tidak mengunyah makanan Anda dengan benar bisa memicu perut kembung.

Karena itu usahakan untuk makan dengan ritme lebih lambat dan nikmati makanan Anda. Idealnya, waktu untuk menghabiskan makanan Anda adalah 30 menit. Selain itu, ingat bahwa proses pencernaan makanan dimulai dari mulut, dan Anda bisa mengurangi perut kembung dengan mengunyah makanan Anda lebih lama.

Keuntungan lain jika Anda mengunyah makanan lebih lama adalah makanan yang Anda makan akan terasa lebih memuaskan. Dan penelitian memperlihatkan bahwa jika Anda makan lebih pelan, itu akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan karena pada akhirnya Anda tidak ingin makan banyak.

3. Kurangi minuman berkarbonasi

Air soda sebabkan pengeroposan gigi (Foto: Freepik)

Bunyi berdesis pada minuman berkarbonasi, bahkan untuk yang berlabel ‘diet’ sekalipun, bisa menyebabkan gas ‘terjebak’ di perut Anda. Lebih baik minum air putih dengan rasa lemon, jeruk nipis atau mentimun. Atau jika Anda tetap ingin minum minuman berkarbonasi, coba untuk mengurangi frekuensinya. Anda juga bisa minum teh rasa peppermint yang bisa membantu mengurangi perut kembung.

4. Makan lebih sedikit namun lebih sering

Ilustrasi makan. (Foto: Pixabay)

Daripada makan tiga kali sehari dengan porsi yang lebih besar, coba untuk makan dengan kuantitas lebih sedikit namun frekuensi yang lebih sering. Ini bisa menghindarkan Anda dari perut kembung yang biasanya diikuti setelah makan dengan porsi yang besar. Makan dengan frekuensi yang lebih sering juga dapat mengontrol gula darah dan mengatur rasa lapar Anda. Jadi Anda bisa makan 5 hingga 6 kali sehari, tapi pastikan kuantitasnya makanan dan kandungan kalorinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Konsumsi probiotik

Ilustrasi minum minuman probiotik (Foto: Shutterstock)

Perut kembung biasanya disebabkan oleh bakteri pada usus halus. Ada berbagai jenis bakteri yang berada dalam usus halus tersebut, dan bisa berbeda juga pada masing-masing manusia.

Dilansir Healthline, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jumlah bakteri dalam usus halus ini berhubungan dengan produksi gas dalam perut.

Beberapa studi klinis memperlihatkan beberapa suplemen probiotik bisa membantu mengurangi produksi gas dan perut kembung pada orang-orang yang memiliki masalah pencernaan. Jika tidak ingin mengkonsumsi suplemen, Anda juga bisa mengkonsumsi yogurt yang mengandung probiotik secara teratur.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: