Pencarian populer

Bukan April Mop, PewDiePie Resmi Turun Takhta dari Posisi Raja YouTube

PewDiePie alias Felix Kjellberg, YouTuber populer dunia. Foto: PewDiePie/YouTube

Setelah melalui pertarungan yang panjang, akhirnya balapan jumlah subscriber antara PewDiePie dan T-Series sudah ada pemenangnya. T-Series resmi mengambil alih posisi PewDiePie sebagai channel terbesar di YouTube pada Minggu (31/3).

PewDiePie atau yang memiliki nama asli Felix Kjellberg itu telah membuat sebuah video ucapan selamat kepada T-Series. Ia mengaku kalah setelah jumlah subscriber-nya dilampaui T-Series dan bukan sekadar dalam waktu singkat seperti sebelumnya.

Saat berita ini ditayangkan, jumlah subscriber PewDiePie ada sebanyak 92.027.894, sementara T-Series sudah meraih angka 92.085.961 subscriber.

Sementara itu, T-Series juga telah mengumumkan kemenangan mereka dengan memasang foto header di akun YouTube. Dalam foto itu mereka mengucapkan terima kasih telah menjadikan mereka channel terbesar di YouTube.

Persaingan antara PewDiePie dan T-Series mulai memanas pada Agustus 2018 lalu. Saat itu, PewDiePie mulai menyadari ada potensi posisinya digeser oleh T-Series. Ia kemudian memberitahu para penggemarnya untuk membantunya mendapatkan jumlah subscriber yang lebih banyak dan menjauhi T-Series.

Tapi, jumlah subscriber T-Series terus meroket dalam waktu singkat karena berbagai faktor. Misalnya, channel film-film Bollywood itu bermarkas di India, yang memiliki 225 juta pengguna bulanan di YouTube. Selain itu, T-Series juga menjadi channel andalan yang berisi video-video Bollywood. Artinya pengguna di seluruh dunia akan membuka T-Series untuk mencari video Bollywood favorit.

PewDiePie alias Felix Kjellberg, YouTuber populer dunia. Foto: PewDiePie/Facebook

Akhirnya, PewDiePie harus turun takhta dari posisinya sebagai raja YouTube yang ia tempati sejak 2013. Beragam upaya untuk mendorong dirinya tetap di puncak tampaknya telah gagal. Upaya-upaya itu mulai dari sejumlah YouTuber yang menyewa billboard untuk mengajak men-subscribe PewDiePie atau frase 'Subscribe to PewDiePie' yang menjadi meme.

Cara-cara lebih ekstrem ditunjukkan para penggemarnya. Terjadi sejumlah kasus peretasan yang berisi pesan 'Subscribe to PewDiePie' seperti dua orang yang meretas total 130 ribu printer untuk mencetak frase tersebut. Ada juga yang meretas situs The Wall Street Journal untuk mempublikasikan artikel tentang PewDiePie.

Di Indonesia, bahkan SPBU Pertamina di Tulungagung juga diretas di mana totem daftar harga produknya diganti menjadi teks 'Subscribe to PewDiePie'.

Sebelumnya, T-Series sudah sempat menggeser posisi PewDiePie beberapa kali tetapi hanya dalam waktu singkat saja. Kini, tampaknya posisi T-Series di puncak sudah sulit dikejar oleh PewDiePie.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23