Pencarian populer

IESPA Ungkap Jalur Pelatnas eSports untuk 3 Game di SEA Games 2019

Ilustrasi eSport. Foto: Athit Perawongmetha/Reuters

Ajang pesta olahraga se-Asia Tenggara atau yang dikenal dengan SEA Games 2019 akan digelar di Filipina. Ajang tersebut juga menjadi babak baru bagi eSports yang masuk dalam cabang olahraga resmi.

Indonesia ikut berpartisipasi dalam kompetisi eSports di SEA Games 2019. Kementerian Pemuda dan Olahraga menggandeng asosiasi eSports Indonesia (IESPA) untuk bekerja sama menentukan atlet eSports yang akan dikirim ke Filipina nanti.

Ketua IESPA Eddy Lim mengatakan, hingga saat ini belum ada penentuan atlet eSports yang bakal bertanding di SEA Games 2019. Pengumuman nama-nama atlet baru akan diumumkan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dilaksanakan.

"Belum ada nama-nama atlet yang akan bertanding. Kita masih menunggu Pemilu 2019 kan ya. Nanti setelah itu baru ada pengumuman siapa-siapa saja yang dikirim ke Filipina," katanya saat ditemui sesuai melakukan pertemuan dengan MUI di Jakarta, Selasa (27/3).

Eddy Lim, Ketua IESPA. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Dalam gelaran SEA Games 2019 yang berlangsung mulai 30 November mendatang, ada enam cabang yang dipertandingkan. Dua game konsol: NBA 2K19 dan Tekken 7, dua game PC: Dota 2 dan StarCraft II, serta dua game mobile: Mobile Legends dan Arena of Valor.

Saat ini, IESPA telah mengumumkan jalur menuju pemusatan latihan nasional (pelatnas) eSports SEA Games 2019 yang harus ditempuh oleh mereka yang ingin mewakili Indonesia. Ada tiga jalur yang disiapkan IESPA untuk game Dota 2 dan Mobile Legends, serta satu jalur untuk game Tekken 7.

Seleksi pelatnas untuk game Mobile Legends dan Dota 2 dipilih berasal dari masing-masing kompetisi IEL University Series untuk 1 tim pemenang, Kejurnas eSports antar provinsi (IENC) antar provinsi untuk 3 tim, dan Elite Series untuk 1 tim.

Nantinya, setiap cabor Mobile Legends dan Dota 2 akan menghasilkan 25 orang yang tersaring dari ketiga event tersebut. Mereka akan berlatih dalam pelatnas, dan kemudian dipilih lima hingga tujuh pemain di antaranya sebagai tim nasional Esports Mobile Legends dan DOTA 2 Indonesia untuk SEA Games 2019.

Sedangkan untuk game Tekken 7, kualifikasi pemain untuk pelatnas akan berlangsung melalui IENC untuk dua pemain terbaik yang berhak masuk pelatnas.

IESPA belum memberikan informasi tambahan mengenai waktu dan mekanisme dari kompetisi kejuaraan nasional antar provinsi atau IENC dan Elite Series yang akan digelar sebagai jalur untuk masuk pelatnas.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57