kumparan
18 Sep 2019 13:51 WIB

iPhone XR dan XS Bakal Kebagian Fitur Kamera iPhone 11

CEO Apple Tim Cook berbicara di atas panggung selama acara peluncuran produk di kantor pusat Apple di Cupertino, California pada 10 September 2019. Foto: AFP/JOSH EDELSON
Kedatangan iPhone 11 memang akan menurunkan pamor model iPhone XR dan iPhone XS yang telah dirilis satu tahun lalu. Hal ini tidak begitu mengejutkan, karena iPhone 11 hadir dengan sejumlah fitur baru yang tidak ada di dua model iPhone generasi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Tapi, ada kabar gembira bagi para pengguna iPhone XR dan iPhone XS yang mungkin cemburu dengan fitur baru di iPhone 11. Apple telah memastikan ada fitur kamera dari iPhone 11 yang akan hadir juga untuk kedua perangkat lawas tersebut.
Fitur kamera yang disebut adalah Filmic Pro (multi-camera video recording) yang bisa merekam video dengan dua atau lebih kamera dalam 1 iPhone secara bersamaan. Dengan Filmic Pro, berarti pengguna dapat mengambil video menggunakan kamera selfie dan masing-masing lensa kamera belakang lensa wide, ultra wide, dan telephoto akan merekam secara bersamaan.
Video
Namun, fitur ini tampaknya akan ada penyesuaian untuk iPhone XR dan XS. Bedanya, perangkat-perangkat tersebut tidak bisa ambil video dengan lensa ultra wide karena lensa itu hanya tersedia di iPhone 11. Jadi, ada beberapa batasan kombinasi kamera yang dapat digunakan dengan model iPhone lama.
ADVERTISEMENT
Fitur Filmic Pro akan hadir bersamaan dengan perilisan iOS 13 yang dikabarkan keluar pada 19 September mendatang. Selain iPhone XR dan XS, ada juga iPad Pro 2018 yang kebagian fitur Filmic Pro.
Masa pre-order iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max sudah mulai sejak 13 September 2019 lalu. Nantinya, pembeli akan mulai mendapatkan perangkatnya pada 20 September 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan