Pencarian populer
Tekno & Sains

Kenapa Muncul Foto Amien Rais saat Cari 'Setan' di Google?

Amien Rais di kantor Republika. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Media sosial kembali heboh oleh hal yang tidak berfaedah. Belakangan ini, warga Twitter ramai membicarakan keluarnya foto politisi Amien Rais di mesin pencarian Google saat orang-orang memasukkan kata kunci 'Setan'.

Ya, dengan mencari kata 'Setan' di Google, muncul beberapa foto Amien Rais di halaman pertama pencarian Google. Tapi, sebenarnya bukan hanya foto Amien yang terlihat di situ, ada juga beberapa tokoh lain seperti Din Syamsuddin dan Mahfud MD, yang muncul di halaman pencarian gambar Google.

Lantas, apa yang menyebabkan foto Amien dan beberapa orang ini muncul ketika kata 'Setan' dicari di Google? Jawabannya sederhana, karena semua foto itu berasal dari berita yang dimuat di sejumlah media online nasional yang memuat kata 'Setan'.

Jika ditelusuri, foto-foto itu berasal dari berita yang memuat perkataan Amien mengenai isu politik, yaitu ketika ia mengatakan ada 'Partai Allah dan Partai Setan'. Sejumlah media nasional pun memberitakan perkataan dari Amien itu sehingga kata 'Setan' di sini terlacak oleh mesin Google.

Foto Amien Rais saat cari 'Setan' di Google. (Foto: Google)

'Partai Setan' menjadi bagian dari judul beberapa berita yang memuat foto Amien Rais yang muncul di halaman pertama Google, juga ada di dalam isi berita dan keterangan foto yang dimuat.

kumparan pun pernah memberitakan mengenai pernyataan Amien Rais soal 'Partai Setan' tersebut di tautan berikut ini.

SEO (Search Engine Optimization) dari masing-masing portal berita membuat foto Amien di artikel tersebut mejeng di halaman pertama Google walau pengguna hanya mengetikkan kata 'Setan' saja di kolom pencarian.

Jadi, tidak ada foto Amien yang muncul tanpa adanya kata kunci 'Setan' di dalamnya. Itu dikarenakan mesin pencari Google mengolah kata-kata yang tersebar di dunia maya dan melacaknya.

Oleh karena itu, netizen tidak perlu bingung lagi karena terjadinya hal ini memang karena pernyataan Amien mengenai 'Partai Setan' yang diberitakan oleh media online nasional.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: