Pencarian populer

Smartfren Uji Kesiapan Jaringan Hadapi Ramadhan dan Lebaran 2019

Logo Smartfren. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Jelang bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari, perusahaan telekomunikasi Smartfren melakukan uji jaringan untuk memastikan layanan yang baik selama bulan puasa. Hal ini dikarenakan ada tren peningkatan konsumsi data yang terjadi saat Ramadhan.

Pada tahun 2019 ini, Smartfren telah melakukan optimasi pada daerah yang dianalisis akan mengalami peningkatan trafik data, serta melakukan uji kesiapan final di seluruh jalur mudik.

“Berdasarkan data yang kami miliki ketika Ramadhan tahun lalu, sepanjang jalur mudik Pulau Jawa serta di kota singgah/tujuan lalu lintas komunikasi mengalami peningkatan tren bukan hanya dari H-3 namun sejak seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri. Adapun peningkatan terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Tasikmalaya, Magelang, Madiun, dan Banyuwangi," ujar Munir SP, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, di Bandung, Rabu (24/4).

Kantor pusat Smartfren di Jalan Sabang, Jakarta. Foto: Aditya Panji/kumparan

Dari hasil pengujian kesiapan jaringan 4G LTE Smartfren, tahun ini perusahaan telekomunikasi itu melakukan penambahan kapasitas rata-rata 30 persen serta mempersiapkan Task Force lapangan dan pemantauan 24 jam x 7 hari dari NOC (Network Operation Center) di seluruh jalur mudik, lokasi publik, dan kota tujuan.

Smartfren mengklaim para pelanggannya tidak perlu khawatir dengan jaringan Smartfren selama mudik dan Lebaran 2019. Munir memprediksi kenaikan trafik data di Smartfren selama Ramadhan akan terjadi mulai pukul 16.00 sampai 01.00, selain media sosial dan aplikasi streaming musik serta video.

"Tahun ini kenaikan trafik juga akan disumbang dari para gamers," imbuh Munir.

Modem WiFi M5 Smartfren. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan

Untuk menemani para pelanggannya berpuasa, Smartfren menyediakan sejumah paket kuota internet mulai dari unlimited hingga kuota besar. Misalnya ada paket 'Super 4G Unlimited', yang merupakan paket internet kuota tanpa batas seharga Rp 65 ribu selama 30 hari.

Selain itu, ada juga pilihan kuota besar dari paket 'Super 4G Kuota' yang ditawarkan mulai 10 GB seharga Rp 30 ribu, hingga 60 GB, seharga Rp 100 ribu.

Ada produk khusus jelang Ramadhan yaitu 'Super 4G Kuota' 4 GB yang dijual Rp 12.500 saja. Paket ini dapat digunakan pengguna Smartfren di perangkat smartphone atau modem WiFi selama 24 jam penuh di jaringan 4G LTE Smartfren.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33