kumparan
14 Jan 2019 7:59 WIB

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Berlibur ke Daerah Bersalju

Salju Menghiasi Belanda (Foto: Shutter Stock)
Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak mengalami musim dingin. Alhasil tak bisa merasakan turunnya salju putih yang lembut dan dingin.
ADVERTISEMENT
Karena hal ini, sebagian orang penasaran dan ingin merasakan sensasi serunya musim dingin. Mereka rela terbang jauh ke negara yang memilki musim dingin demi untuk melihat si es putih.
Padahal, traveling ke negara saat musim salju bukan perkara mudah. Pasalnya, ada beberapa benda yang harus dibawa, bahkan digunakan demi menjaga barang atau tubuh tetap hangat.
Dilansir ANTARA, salah satunya adalah dengan menggunakan windbreaker, sebuah jaket anti angin yang mampu menghangatkan tubuh. Selain itu, ada beberapa tips lainnya sebelum melancong ke tempat dingin dan bersalju. Apa saja?
1. Gunakan Windbreaker dan Penutup Kepala
Anorak Windbreaker Timberland (Foto: Dok. Zeno Group)
Saat traveling di musim dingin tentunya tubuh butuh pakaian penghangat. Sebab, bila tidak memakai pakaian hangat, bersiaplah kedingingan, bersin bahkan mengiggil.
ADVERTISEMENT
Nah, salah satu benda yang wajib digunakan adalah windbreaker. Windbreaker adalah jaket yang terbuat dari bahan tipis, tetapi mampu menahan angin dan hujan. Selain itu, windbreaker juga dinilai lebih unggul ketimbang jaket tebal, karena bahannya lebih tipis sehingga tidak memakan ruang yang banyak.
Tapi, selain menggunakan windbreaker, pastikan area tubuh lain juga tetap hangat. Gunakan penutup kepala, sarung tangan, hingga earmuff atau penutup telinga agar kepala, telinga dan tangan tidak kedinginan.
2. Memakai Kaus Thermal
Bila bagian luar sudah dihangatkan dengan sempurna menggunakan windbreaker, jangan lupa bagian dalam juga harus diperhatikan. Pastikan kembali tubuh dalam kondisi benar-benar hangat.
Salah satu cara agar tubuh bagian dalam tetap hangat adalah menggunakan kaus thermal. Dengan cara ini traveler tak perlu menggunakan banyak lapisan baju, karena kaus thermal akan menjaga kehangatan tubuh.
ADVERTISEMENT
3. Mengenakan Sepatu Bot Kulit yang Tahan Air
Ilustrasi Sepatu Bot Kulit yang Tahan Air (Foto: Unspalsh)
Bila pakaian sudah aman, kini giliran alas kaki. Ada baiknya saat traveling di musim salju menggunakan alas kaki dari bahan kulit. Sebab, bisa dipastikan kaki akan tetap kering walau berjalan dalam salju atau hujan.
Berbeda jika menggunakan sepatu dengan bahan canvas yang justru akan menyerap air. Nantinya malah membuat kaki menjadi dingin dan lembab.
4. Bawa Backpack Tahan Air
Ilustrasi Backpack Tahan Air (Foto: Unsplash)
Kemudian yang tak kalah penting adalah menggunakan backpack yang tahan air. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan tas menjadi tempat penyimpan segala bawaan, termasuk dompet, smartphone, atau kamera.
Selain itu, keuntungan menggunakan tas yang tahan terhadap air adalah untuk membuat barang berharga tetap aman walau hujan es atau terkena salju.
ADVERTISEMENT
Sudah siap berlibur?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·