kumparan
7 Jan 2019 17:36 WIB

Ragam Acara di Singapura Sepanjang 2019 yang Bikin Liburan Makin Seru

com-Ilustrasi Singapura (Foto: Shutterstock)
Berencana traveling ke Singapura di tahun 2019? Atau ingin berlibur ke Singapura tapi bingung kapan waktu yang tepat?
ADVERTISEMENT
Jika iya, tak ada salahnya untuk melihat beragam acara yang disajikan Singapura sepanjang 2019 ini. Ya, sepanjang 2019, Singapura memiliki beragam acara yang ditawarkan untuk wisatawan yang berlibur di sana.
Seluruh acara tersebut dipersembahkan untuk seorang Foodie (pecinta makanan), Explorer (penjelajah), Culture Shaper (pembentuk kebudayaan), Action Seeker (pemburu ketegangan), Socialiser (penyuka sosialisasi), atau Collector (kolektor) yang bisa dinikmati bersama dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama. Misalnya saja The World's 50 Best Restaurants, yang akan diadakan di Asia untuk pertama kalinya, edisi baru Rainforest Lumina yang menarik perhatian secara visual di Singapore Zoo, dan 2019 Formula 1 Singapore Airlines Singapore Grand Prix, yang ikonik serta akan hadir ke-12 kalinya pada bulan September.
Singapore Zoo (Foto: Wikimedia Commons)
Tak hanya itu, nyatanya masih banyak lagi acara yang bisa kamu nikmati sepanjang Januari-Desember 2019. Penasaran apa saja acara itu?
ADVERTISEMENT
Berikut deretan Calendar Event Singapura sepanjang 2019 yang bisa kamu kunjungi, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparanTRAVEL dari Singapore Tourism Board:
Januari
1. Ada Singapore Art Week yang mengantarkan wisatawan pada puluhan pameran, instalasi seni publik berskala besar, walking tour, diskusi, pameran seni, dan pesta dengan para kreatif lokal, serta regional.
2. S.E.A Focus, sebuah pekan raya seni yang berpusat pada seni Asia Tenggara yang bertempat di sebuah bangunan pop-up spesial di Gillman Barracks.
3. Frieze Academy Series, sebuah acara yang bekerjasama dengan Frieze, di mana para kreatif, kolektor, dan akademisi internasional bertemu untuk bertukar wawasan tentang seni kontemporer di Asia Tenggara.
4. iLight Singapore, festival seni cahaya berkelanjutan terkemuka di Asia. Akan ada instalasi seni interaktif sepanjang bulan Januari.
ADVERTISEMENT
Februari
1. Rayakan Tahun Baru Imlek di Singapura dengan pawai berwarna-warni, bazaar meriah, tarian singa, dan lentera indah yang dipajang di seluruh kota saat Chinese New Year Light-Up.
2. Menikmati River Hangbao yang menampilkan kembang api dan pameran lentera yang spektakuler, serta pertunjukan budaya China yang istimewa.
3. Chingay Parade, pertunjukan multikultural yang menampilkan kendaraan hias yang memukau, naga menari, dan stilt walker yang berbakat.
4. Michelin Street Food Festival, menampilkan beberapa makanan menggiurkan favorit orang Singapura dari restoran dan kedai yang terdaftar di Michelin.
Maret
1. Bersenang-senang di HSBC Women's Champions Singapore edisi ke-12, menikmati golf, musik, dan makanan di akhir pekan.
2. Singapore Festival of Fun, yang menyajikan beberapa pertunjukan komedi, hiburan keluarga, dan pertunjukan jalanan yang berlangsung selama sembilan hari di Clarke Quay.
ADVERTISEMENT
3. Benamkan diri dalam jazz klasik dan kontemporer di Singapore International Jazz Festival.
April
1. HSBC Singapore Rugby Sevens menghadirkan suasana karnaval yang mengasyikan di Singapore Sports Hub.
2. JSSL Singapore International 7's, kompetisi sepak bola pemuda terbesar di Asia.
3. Nikmati wine terbaik dunia dan makanan lezat di World Gourmet Summit.
4. Indian Cultural Fiesta, pertunjukan budaya yang luar biasa oleh seniman lokal dan kelompok masyarakat.
Mei
1. Singapore International Festival of Arts (SIFA) edisi ke-42 yang mempersembahkan beragam karya berbeda dari Singapura dan dunia melalui teater, musik, tari, seni sastra, dan visual.
2. Mencicipi minuman dari bar-bar terkemuka di Singapore Cocktail Festival dan manjakan diri dalam ramuan minum yang memenangkan penghargaan di edisi keempat Asia's 50 Best Bars.
ADVERTISEMENT
Juni
1. Rayakan budaya gastronomi Singapura, di mana perpaduan tradisi hawker yang khas dan fine dining berbaur serta berdampingan di The World's 50 Best Restaurants yang pertama di Asia.
2. Temui karakter kartun favori kamu di festival Cartoon Network's Animate Your Life.
3. Berpesta dengan Electronic Dance Music (EDM) yang diisi artis dan DJ internasional terkemuka di Ultra Music Festival.
4. Lihat aksi para petarung Mixed Martial Arts papan atas melakukan pertarungan terbaik di Ultimate Fighting Championship (UFC) Fight Night Singapore.
5. Berbelanja di Great Singapore Sale.
6. Hari Raya Light Up, menghadirkan hampir 1 juta LED ke Geylang Serai, bersama dengan pertunjukan, bazaar yang meriah, dan aktivitas fotogenik lainnya.
ADVERTISEMENT
7. Jalan-jalan di alam liar pada malam hari dengan teknologi multimedia di Rainforest Lumina Singapore Zoo.
8. National Gallery Singapore Children's Biennale 2019, festival yang dirancang khusus untuk anak-anak selama empat bulan dan menghadirkan instalasi seni, program, workshop, serta tur kesenian.
Juli
1. Pertunjukan sirkus di Cirque du Soleil: Kurios.
2. Menyaksikan tim favorit kamu dari dekat di International Champions Cup, saat bintang sepak bola papan atas saling berhadapan dalam pertandingan pra-musim.
3. Menikmati santapan singapura di Singapore Food Festival.
Agustus
1. Singapore Night Festival mengubah daerah Bras Basah dan Bugis dengan proyeksi multimedia interaktif, instalasi seni, dan pertunjukan yang menggembirakan.
September
1. Tingkatkan adrenalin di 2019 Formula 1 Singapore Airlines Singapore Grand Prix.
ADVERTISEMENT
2. Bersenang-senang bersama keluarga di Singapore Toy, Game & Comic Convention, di mana penggemar cosplay berdandan dengan kostum berdasarkan tokok komik Barat mereka atau anime Jepang favorit.
3. Rayakan Mid-Autumn Festival dengan mooncake yang lezat, teh, dan lentera indah yang dipajang di sekitar Singapura, terutama di Chinatown.
4. Nikmati pesta Deepavali yang menghadirkan cahaya, warna, dan musik ke Little India, bersama dengan camilan lezat, pakaian indah, dan aksesoris menakjubkan.
Oktober
1. Manjakan diri dalam berbagai pilihan wine di Singapore Wine Fiesta ke-11.
2. Menyaksikan parade, pertunjukan, dan lainnya di Singapore River Festival yang berlangsung di sepanjang tepi Singapore River, meliputi Boat Quay, Clarke Quay, dan Robertson Quay.
November
1. 80 galeri seni kontemporer dari Singapura, Asia Tenggara, dan dunia hadir di edisi pertama Art SG.
ADVERTISEMENT
2. Bertemu penggemar seni dari kawasan Asia untuk bertukar wawasan mengenai seni kontemporer Asia Tenggara di Frieze Event kedua tahun ini.
3. Singapore Biennale 2019 menghadirkan serangkaian karya seni kontemporer internasional dari Asia Tenggara dan sekitarnya.
4. Christmas On a Great Sale mengambil alih Orchard Road dengan dekorasi meriah, kegiatan yang ramah keluarga, dan toko pop-up yang menawarkan barang-barang edisi terbatas.
Desember
1. C3 Anime Festival Asia, acara yang mempertemukan para penggemar animasi dari seluruh dunia.
2. Christmas Wonderland, pasar meruah yang menawan dengan tema desa musim dingin yang diadakan di Gardens by the Bay, taman seluas 101 hektare yang menakjubkan di Singapura.
3. Neon Lights, festival musik dan seni outdoor yang diadakan selama tiga hari di Singapura.
ADVERTISEMENT
4. Berpesta dan menari sepanjang malam di tepi pantai dengan penampilan dari DJ internasional dan lokal terkemuka di ZoukOut.
5. Membakar kalori di Standard Chatered Marathon Singapore, yang menawarkan kategori kompetisi untuk atlet dari segala usia dan kemampuan.
6. Merayakan tahun baru di Marina Bay Singapore Countdown yang ikonik, dengan pertunjukan kembang api yang menerangi langit malam, bersama sejumlah kegiatan menarik di jalan-jalan dari sore hingga malam.
Siap habiskan liburan di Singapura?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan