kumparan
1 Apr 2019 15:36 WIB

5 Hotel Ramah Lingkungan di Ubud, Bali

com-Hotel Ramah Lingkungan di Bali Foto: Shutterstock
Selain mengedepankan fasilitas, hotel-hotel saat ini juga mengusungkan konsep menarik. Salah satu konsep yang banyak menarik pengunjung adalah konsep eco-friendly atau hotel ramah lingkungan — yang saat ini menjadi kampanye global sebagai respon dari isu perubahan iklim.
ADVERTISEMENT
Konsep ramah lingkungan ini pun kini tak lagi sekadar wacana, tapi telah menjadi nilai jual yang sangat potensial bagi hotel atau resort di tempat wisata. Hotel atau resort yang memiliki konsep ramah lingkungan biasanya berada di lingkungan yang asri dan alami, seperti di daerah Bali.
Pulau yang masih menjadi primadona wisata Indonesia ini memiliki beragam hotel dengan konsep ramah lingkungan, dengan desain yang alami dan dilengkapi sentuhan unsur tradisional di dalamnya. Penasaran hotel di Bali mana saja yang mengusung konsep ramah lingkungan? kumparan (kumparan.com) telah merangkumnya sebagai berikut.
Nandini Jungle Resort & Spa Bali
Loading Instagram...
Area resort ini menawarkan pemandangan yang merupakan perpaduan antara segarnya Sungai Ayung dengan asrinya hutan tropis yang mengapitnya. Nandini Jungle Resort & Spa menjadi tempat yang cocok untuk Anda yang ingin berlibur tanpa harus terganggu hiruk-pikuk dunia luar dan mencoba mendekatkan diri ke alam.
ADVERTISEMENT
Unsur tropis melekat sangat kuat dalam desain hotel ini. Setiap kamarnya memiliki gaya khas kontemporer Bali dengan tampilan yang elegan dan menenangkan, apalagi terdapat pemandangan berupa perbukitan yang membentang luas mengelilingi hotel ini.
Jika ingin beraktivitas di luar hotel, Anda bisa berjalan mengunjungi museum atau melihat pagelaran kebudayaan Bali yang berada dekat dengan area hotel ini. Anda juga bisa melakukan kegiatan alam seperti bersepeda, trekking hingga rafting yang dilakukan di area Ubud.
Alila Ubud Hotel
Loading Instagram...
Masih berada di sekitar Sungai Ayung, Alila Ubud Hotel menghadirkan konsep penginapan yang mewah sekaligus alami. Berada di tepi bukit yang tinggi, Anda bisa merasakan udara yang segar di pagi hari sambil bersantai di kamar bergaya arsitektur tradisional Bali.
ADVERTISEMENT
Sebagai bagian dari konsep eco friendly-nya, Alila Ubud menghadirkan taman organik yang dikelola para petani lokal. Taman organik ini menghasilkan bahan-bahan makanan bersih, segar, dan tentunya sehat yang siap diolah menjadi menu makanan di Alila Ubud.
The Samaya Ubud
Loading Instagram...
Konsep ramah lingkungan menjadi prioritas utama dari The Samaya Ubud ini. Desain bangunannya dirancang sedemikian rupa agar para tamunya merasa dekat dengan alam sekitar. Hotel ini juga telah mengantongi sertifikat Green Globe sebagai bentuk dedikasi terhadap keramahan lingkungan.
Setiap properti yang digunakan menggunakan properti yang hemat energi. Pihak The Samaya Ubud juga memberi imbauan kepada para tamunya untuk tidak mengganti handuk setiap harinya saat menginap.
Ubud Green Resort Villas
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Penginapan lain di daerah Ubud yang mengedepankan konsep ramah lingkungan adalah Ubud Green Resort Villas. Resort yang berada di jalan Sriwedari Ubud ini merancang kamarnya dengan interior yang membuat suhu di dalam kamar tetap sejuk sehingga dapat meminimalkan penggunaan pendingin ruangan.
Suhu daerah Ubud yang cenderung lebih dingin dibandingkan dengan kawasan wisata lainnya seperti Kuta atau Seminyak memang cocok untuk dijadikan tempat beristirahat sambil berendam di air panas. Penyediaan air panas di sini pun dirancang eco-friendly, dengan menggunakan tenaga matahari agar tidak boros penggunaan listrik.
Bali Eco Resort and Retreat Centre
Bagi Anda yang ingin beristirahat sambil mendekatkan diri ke alam, cobalah Bali Eco Resort and Retreat Centre. Anda bisa merasakan menginap di lingkungan tropis yang natural sekaligus menjelajahi wisata alam Ubud yang mengagumkan.
ADVERTISEMENT
Hotel ini berada di Lembah Tegalalang serta Istana Tampak Siring yang memiliki pemandangan menawan. Selain itu, area ini juga memiliki trek alami di sepanjang Sungai Petanu sehingga Anda bisa asyik jalan atau jogging sambil menikmati suara air mengalir di sungai.
Hotel konsep ramah lingkungan ini memang cocok dijadikan destinasi wisata bagi mereka yang ingin menjauh sejenak dari kesibukan kota yang dinamis sambil merasakan sensasi kehidupan alam yang masih segar dan asri.
Selain memberikan kesan dan pengalaman menginap yang berbeda, hotel ramah lingkungan juga bisa membuat Anda lebih dekat dengan alam. Dari lima pilihan hotel ramah lingkungan di Bali ini, mana yang jadi pilihan Anda?
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Traveloka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan