Pencarian populer

5 Rekomendasi Wisata di Surabaya untuk Liburan dengan Keluarga

Gedung Maybank bergaya kolonial di Surabaya Foto: Shutter Stock
Liburan bersama keluarga memang susah-susah gampang. Meski rasanya menyenangkan karena jadi punya kesempatan menghabiskan waktu bersama, liburan bersama keluarga punya kesulitannya sendiri.
ADVERTISEMENT
Selain karena bujet yang mesti disiapkan harus lebih besar, kamu juga harus mampu menentukan destinasi yang cocok bagi seluruh anggota keluarga, terutama jika kamu membawa anak kecil. Pasalnya, anak-anak cenderung lebih suka tempat-tempat yang memberikan mereka ruang gerak dan punya aktivitas seru.
Traveling bersama keluarga. Foto: Pixlr
Nah, kali ini kumparan telah merangkum tujuh destinasi wisata menarik bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi liburan akhir pekan bersama keluarga di Surabaya. Penasaran? Simak langsung ulasannya berikut, yuk.
1. Mini Agrowisata di Jalan Pagesangan
Rekomendasi pertama kumparan yang bisa kamu nikmati bersama keluarga saat berada di Surabaya adalah Mini Agrowisata di Jalan Pagesangan milik Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Di lahan seluas 6.000 meter persegi ini, kamu bisa menikmati wisata edukasi perkebunan, tanpa harus beranjak jauh dari tengah kota.
ADVERTISEMENT
Sebab di Mini Agrowisata, kamu bisa melihat secara langsung beragam sayur-mayur, tanaman obat organik, dan buah-buahan yang ditanam dalam berbagai media, seperti pot maupun hidroponik. Selain itu, ada pula binatang-binatang menggemaskan, seperti ayam petelur, kelinci pedaging, kambing, dan ikan nila, lho.
Serunya lagi, apabila kamu tertarik mempelajari teknik budidaya tanaman, Mini Agrowisata juga bisa memfasilitasinya dengan memberikan pemandu yang tepat dan mahir. Kalau lelah berjalan-jalan, kamu tinggal menepi ke area selokan dan mencelupkan kaki di sana.
Dalam sekejap, ikan-ikan terapi pun akan datang mengerumuni dan memakan sisa kulit mati di kaki. Sensasi kejutnya pun akan memberikan kamu efek relaksasi yang menyenangkan. Menarik, ya.
2. House of Sampoerna
Galeri seni di House of Sampoerna Foto: Shutter Stock
Merupakan perusahaan rokok tertua dan legendaris di Indonesia sejak masa kolonial Belanda, House of Sampoerna menjadi salah satu destinasi wajib yang harus kamu kunjungi saat berada di Surabaya.
ADVERTISEMENT
Bangunannya yang khas bergaya klasik, dengan warna cat putih itu berisi galeri seni unik yang menceritakan tentang perkembangan industri rokok kretek di Indonesia. Selayaknya museum, ada pula beberapa keterangan yang menyertai barang-barang yang dipamerkan di dalamnya.
Para pekerja sedang melinting rokok di House of Sampoerna Foto: Shutter Stock
Galeri seni di House of Sampoerna berisi beragam koleksi lukisan, peralatan Sampoerna Marching Band, mesin printing kuno, hingga koleksi andong yang dimiliki sang empunya perusahaan sejak masa lampau. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan secara langsung aktivitas para pekerja pabrik yang sedang melinting rokok sebelum akhirnya dipasarkan.
3. Atlantis Land
Atlantis Land di Surabaya Foto: Instagram/Atlantis Land Official
Jika Jakarta punya Dunia Fantasi alias Dufan dan Singapura punya Universal Studio, Surabaya juga tidak mau kalah untuk memberikan hiburan yang menarik dan seru bagi keluarga.
ADVERTISEMENT
Taman rekreasi bernama Atlantis Land itu sekilas memang mirip dengan Universal Studio Singapore, bedanya sesuai dengan namanya, Atlantis Land memang didesain dengan dominasi permainan air. Sangat cocok untuk menangkal hawa panas Suarabaya yang menyengat.
Atlantis Land berlokasi di kawasan Kenjeran dengan luas hampir 15 hektare. Didesain langsung oleh arsitek asal Australia, Atlantis Land memiliki beragam wahana Instagramable, museum, atraksi wisata, pertunjukan, dan pusat kuliner yang menarik seperti di negeri dongeng.
Selain itu, ada pula Istana Es yang berisi beragam wahana permainan dari es dan ukiran patung menarik seperti yang ada di China. Buka mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB, Atlantis Land bisa jadi pilihan menarik untuk kamu yang ingin menikmati kesegaran di akhir pekan bersama keluarga.
ADVERTISEMENT
4. Surabaya Heritage Track dan Jembatan Suroboyo
Tugu Pahlawan, salah satu monumen nasional di Surabaya Foto: Shutter Stock
Mau liburan akhir pekan yang seru dan tidak melelahkan? Gampang, kamu bisa mengikuti Surabaya Heritage Track untuk mengelilingi Kota Surabaya yang indah dengan menggunakan bus bermodel trem.
Dengan menggunakan bus ini, kamu akan diajak melihat secara langsung gedung tua dan bersejarah, serta cagar alam yang ada di sekitar kota. Selain itu, ada pula pemandu yang akan menjelaskan sejarah singkat lokasi-lokasi yang kamu lewati.
Selama tur dengan durasi 1,5 jam, kamu akan melewati Tugu Pahlawan, Tunjangan, Balai Kota atau Taman Surya. Setelah selesai, kamu bisa melipir ke kawasan Jembatan Suroboyo untuk menikmati Pantai Ria Kenjeran Lama dari kejauhan pada siang hari, atau melihat air mancur menari di malam hari.
ADVERTISEMENT
5. Kampung Lawas Maspati
Sekitar 500 meter dari Tugu Pahlawan, kamu bisa menemukan sebuah kampung wisata bersejarah di Surabaya bernama Kampung Lawas Maspati. Dulunya kampung ini diisi oleh rumah-rumah Tumenggung dan Patih atau para pejabat Kerajaan Mataram.
Selain itu, ada pula bekas sekolah desa Ongko Loro yang didirikan pada masa pendudukan Belanda. Ketika penduduk Surabaya berusaha menyingkirkan Belanda, Kampung Lawas Maspati juga dipilih sebagai lokasi markas perang untuk membentuk strategi.
Bahkan, ketika pertempuran bersejarah 10 November 19454 terjadi, pabrik roti milik Haji Iskak Kampung Lawas Maspati juga digunakan sebagai dapur umum bagi para pejuang. Hingga saat ini, bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 itu masih memiliki keindahannya tersendiri, lengkap dengan tegel antiknya walaupun kini sudah beralih fungsi menjadi sebuah losmen.
ADVERTISEMENT
Menariknya lagi, kini Kampung Lawas Maspati juga didesain semakin kekinian, yaitu dengan instalasi seni 3D, mural warna-warni, dan juga kafe-kafe unik bernuansa vintage.
Bagaimana, sudah tahu akan liburan ke mana saat di Surabaya bersama keluarga pada akhir pekan kali ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85