Pencarian populer

5 Tempat di Indonesia yang Punya Mitos Mendekatkan Jodoh

Jembatan Akar Painan (Foto: Flickr/PUDYANTO R.)

Indonesia punya berbagai tempat wisata alam yang unik dan menarik. Bukan hanya menarik karena keindahannya, tetapi juga karena memiliki nilai historis maupun legenda di dalamnya. Seperti beberapa tempat yang akan dibahas oleh kumparanTravel kali ini yang kental akan mitosnya. Bukan sembarang mitos, mitosnya di tempat ini pengunjung yang berkunjung, mandi, atau bermeditasi di tempat ini akan mudah mendapatkan jodoh.

Selain itu, jika datang ke tempat ini bersama pasangan, hubungan cintamu juga akan semakin awet. Tempat-tempat ini tersebar mulai dari Sumatera Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Barat. Misalnya Pohon Cinta atau Pohon Jodoh yang berada di Kebun Raya Bogor, Jembatan Akar Painan di Sumatera Barat, dan mata air Umbul Jumprit di Jawa Tengah. Bagi kamu traveler berstatus single dan ingin menemukan tambatan hati, jangan lupa masukkan tempat di bawah ini dalam daftar liburanmu ya.

1. Pohon Jodoh, Kebun Raya Bogor

Loading Instagram...

Pohon Jodoh atau Pohon Cinta yang berada di Kebun Raya Bogor ini sebenarnya adalah pohon dari jenis yang berbeda namun tumbuh berdampingan sehingga terlihat seperti pohon kembar yang serasi. Pohon ini berjenis Meranti dan Beringin Putih.

Loading Instagram...

Mitosnya, jika kamu traveler jomblo datang ke tempat ini berkenalan dengan lawan jenis atau duduk di antara kedua pohon ini akan berjodoh. Sedangkan kalau kamu duduk bersama pasangan, mitosnya hubungan cinta kamu akan jadi lebih awet.

2. Umbul Jumprit, Jawa Tengah

Loading Instagram...

Berlokasi di Jalan Ngadirejo, Purbosari, Temanggung, mata air ini dikenal sakral oleh penduduk penganut agama Buddha yang berada di sekitar Jawa Tengah. Letaknya yang dekat dengan Candi Borobudur juga membuat air di tempat ini digunakan untuk upacara Trisuci Waisak di candi Buddha terbesar di Indonesia tersebut.

Loading Instagram...

Masyarakat percaya, air yang berasal dari mata air ini bukan hanya bisa membuat pengunjung yang datang mencuci mukanya di sini menjadi enteng jodoh, lepas dari kesialan, dan mudah mendapat rezeki.

3. Air Terjun Sekar Langit, Jawa Tengah

Loading Instagram...

Air terjun ini dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat bidadari mandi, salah satunya adalah Nawangwulan yang akhirnya tidak dapat kembali ke kahyangan karena selendangnya disembunyikan oleh Jaka Tarub.

Loading Instagram...

Berada di lereng Gunung Telomoyo di Magelang, air terjun ini mitosnya dapat membuat pengunjungnya semakin cantik, awet muda, enteng jodoh, bahkan sembuh dari penyakit. Untuk mendapat jodoh, ada sebuah ritual yang harus dilakukan pada malam Jumat atau malam Selasa Kliwon dengan cara bermeditasi menghadap ke arah timur laut sambil membakar dupa atau kemenyan.

4. Goa Naga Raja, Jawa Tengah

Loading Instagram...

Di Banyumas terdapat sebuah goa yang diyakini akan membuat pengunjungnya menjadi lebih cepat menemukan pasangan hidup. Salah satu syarat agar pengunjung bisa mendapat jodoh di tempat ini adalah mandi di goa keramat yang berlokasi di Gunung Selok, Banyumas, Jawa Tengah ini.

5. Jembatan Akar Painan di Sumatera Barat

Loading Instagram...

Jembatan yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini sangat unik. Pasalnya, jembatan ini terbuat dari akar gantung Pohon Beringin yang tumbuh berseberangan dan membentuk tempat penyeberangan di atas aliran Sungai Batang Bayang.

Loading Instagram...

Jembatan yang juga menjadi salah satu tempat rekreasi populer di Sumatera Barat ini punya panjang 25 meter dan sudah berusia sekitar 100 tahun. Konon, mandi di bawah jembatan ini mampu membuat kamu cepat menemukan jodoh.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: