Pencarian populer

7 Negara Paling Tua di Dunia

Parthenon di Athena, Yunani (Foto: Flickr / claire rowland)
Tahukah kamu bahwa ada 204 negara yang ada di muka bumi ini?
ADVERTISEMENT
Tiap-tiap negara itu tentu menyimpan keindahan dan kisahnya sendiri. Mulai dari kekayaan alam, tradisi, budaya, kuliner, dan ragam fakta unik lainnya. Dari sekian keunikan yang disajikan, terdapat beberapa negara yang memiliki cerita sejarah panjang dan bahkan 'umur' berdirinya mencapai ribuan tahun.
Tapi tahukah kamu mana saja negara tertua di dunia ? Jika belum, kumparanTRAVEL sudah merangkum tujuh negara 'berumur' yang telah melalui lika-liku sejarah. Yuk, simak!
1. Yunani (3200 SM)
Meteora, Yunani (Foto: Dok: Flickr/ishiki arata)
Di nomor urut satu ditempati oleh Yunani yang memulai peradabannya pada 3200 SM. Yunani juga lah yang menjadi cikal bakal peradaban negara-negara Eropa lainnya.
Yunani merupakan negara pertama yang memiliki sistem demokrasi, yang tepatnya hadir pada 508 sebelum Masehi (SM) silam. Selain memiliki sejarah yang panjang, keindahan negara yang beribu kota di Athena ini juga tak perlu diragukan lagi. Sebut saja destinasi seperti Santorini hingga Pantai Navagio yang sukses membuat banyak wisatawan berdecak kagum.
ADVERTISEMENT
2. China (2700 SM)
Bell tower Xi'an, China. (Foto: Feby Dwi Sutianto/kumparan)
Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini juga memiliki sejarah yang panjang. Peradaban China berawal dari Peradaban Sungai Kuning yang ada sejak 2.700 SM.
Sejarah China berlangsung sejak Dinasti Shang pada 1750 - 1045 SM sampai Dinasti Qing yang berlangsung dari 1644 hingga 1912. Setelah Dinasti Qing berakhir barulah China berbentuk republik dan Republik Rakyat China didirkan pada 1949.
3. Portugal (1139 SM)
Portugal (Foto: Flickr / Miquel Fabre)
Republik Portugal juga menjadi salah satu negara tertua di dunia. Tepatnya negara yang berada di Eropa bagian barat daya ini sudah berdiri sejak tahun 1139 SM silam.
Negara yang beribu kota di Lisbon ini dibagi menjadi 18 distrik dan 308 munisipalitas atau setara dengan kota. Kota Lisbon juga menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi, sebab kota ini telah ada sejak 2000 SM dan menjadi lokasi yang memiliki peran penting bagi Portugal pada masa lalu.
ADVERTISEMENT
4. Prancis (800 SM)
Rekam Jejak Kedatangan Turis ke Paris pada 2017 (Foto: Reuters/Gonzalo Fuentes)
Negara yang terkenal dengan Menara Eiffell-nya ini juga menjadi salah satu negara tertua di dunia. Kekaisaran Romawi Suci Charlemagne yang menjabat sebagai Kaisar Romawi pertama yang menjabat sejak 800 SM hingga 814 SM. Ia juga dianggap sebagai pendiri Kekaisaran Romawi Suci dan sering disebut Bapak Pendiri Eropa.
Setelah dirinya wafat, pemerintahan dilanjutnya oleh puternya yaitu Louis I, namun tak lama setelah puternya menjabat kekaisaran dibagi menjadi tiga. Kala itu. cucu dari Louis I yang bernama Charles, menjabat di wilayah yang kini menjadi Prancis, cucunya yang lain bernama Louis menjabat di wilayah yang kini dikenal sebagai Jerman. Dan diantara wilayah kekuasaan Charles dan Louis dijabat oleh cucu lainnya yang bernama Lothair.
ADVERTISEMENT
5. Armenia (782 SM)
Biara di Armenia (Foto: Antara/Hermanus Prihatna)
Selanjutnya ada Armenia, sebuah negara yang terjepit di antara Turki, Georgia, Azerbaijan, dan Iran. Armenia sudah ada sejak 2.600 tahun yang lalu, dan ibu kotanya yaitu Yerevan bahkan sudah dikenal sejak 782 SM.
Armenia juga menjadi negara pertama yang resmi mengakui agama Kristen pada 301 Masehi. Selain memiliki sejarah yang panjang, Armenia juga memiliki tempat wisata yang menarik, seperti Danau Sevan, Geghard, Khor Virap, Temple of Garni hingga Haghpat Monastery.
6. Jepang (660 SM)
Kyoto, Jepang. (Foto: Pixabay)
Lanjut, ada Jepang yang mengklaim jika negaranya menjadi salah satu negara tertua di dunia. Negeri Matahari Terbit ini didirikan sejak 660 SM oleh Kaisar Jimmu yang juga dianggap sebagai kaisar yang legendaris dan diyakini sebagai keturunan dewi matahari Amaterasu.
ADVERTISEMENT
Dirinya menjabat hingga 585 SM tepatnya 75 tahun berkuasa, ia memimpin Jepang sampai usia 126 tahun. Kaisar Jimmu naik tahta setiap tanggal 11 Februari dan tanggal itu kini diperingati sebagai Hari Pembentukan Negara.
7. Iran (550 SM)
Masjid Nasir ol Molk, Iran (Foto: wikimedia commons)
Dan, terakhir ada Iran yang didirikan sekitar tahun 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Namun jauh sebelum berdiri sebenarnya Iran juga sudah didami oleh beberapa kelompok.
Misalnya Elam, yang merupakan peradaban pra-Iran yang menetap di wilayah barat dan barat daya. Kekaisaran Achaemenid memerintah Iran hingga 330 SM. Dan Iran yang modern didirkan pada 1979 setelah Revolusi Iran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86