kumparan
15 Mar 2019 11:07 WIB

AirAsia Kerja Sama dengan Pemprov NTB Hadirkan Hub di Lombok

Penandatanganan Mou antara AirAsia dan Pemprov NTB. Foto: Dok. AirAsia
AirAsia secara resmi melakukan penandatangan MOU bersama dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (TB), sebagai bentuk dimulainya kerja sama antar keduanya. Dengan dilakukannya penandatanganan ini, nantinya AirAsia akan membentuk pusat informasi (hub) yang berpusat di Lombok.
ADVERTISEMENT
Dendy Kurniawan, Direktur Utama AirAsia Indonesia, menuturkan bahwa penandatanganan MOU antara AirAsia dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai bentuk dukungan untuk membangkitkan kembali pariwisata di NTB, khususnya Lombok.
"Mereka sebelum adanya bencana alam lagi bagus, tapi setelahnya langsung drop. Jadi, ini salah satu upaya kami juga untuk membantu Lombok," ujar Dendy, ketika berbincang dengan kumparan di AirAsia Redhouse, Tangerang, Kamis (14/3).
"Selain itu sudah ada di-plan kami (Lombok), dijadikan hub. Kami ingin lebih melebarkan sayap dengan penerbangan domestik ke arah timur," lanjut Dendy.
AirAsia. Foto: REUTERS/Chaiwat Subprasom
Hal senada juga diungkapkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. Ia mengungkapkan bahwa adanya hub AirAsia di Lombok bisa menjadi langkah penting untuk terus memajukan dan memulihkan pariwisata Lombok.
ADVERTISEMENT
"Kami merasa bangga AirAsia memilih Lombok sebagai hub penerbangan internasional dan domestik. Kehadiran AirAsia di Lombok memberikan sinyal dan message kepada dunia bahwa Lombok sudah aman untuk didatangi," terang Zulkieflimansyah kepada kumparan di kesempatan yang sama.
Sebagai langkah awal pembukaan hub di Lombok, AirAsia merilis rute penerbangan baru Lombok - Perth yang akan terbang perdana pada 9 Juni 2019 mendatang. Meskipun baru akan terbang pada Juni, tetapi penjualan tiket rute baru ini telah dijual perdana pada Kamis (14/3).
Suasana di Gili Trawangan, Lombok, Kamis (21/2). Foto: Andari Novianti/kumparan
Selain itu, rute baru ini juga merupakan wujud komitmen dukungan AirAsia terhadap Kementerian Pariwisata dalam rangka mengembangkan 10 Bali baru.
"Hari ini (14/3) merupakan awal pembentukan hub terbaru AirAsia, sekaligus mendukung transformasi Lombok sebagai Bali baru. Dalam beberapa bulan ke depan, pulau ini akan menjadi tujuan wisata yang semakin diminati warga Australia, apalagi dengan penerbangan relatif cukup singkat dari Perth," tutur Dendy.
ADVERTISEMENT
Nantinya, AirAsia akan terbang sebanyak empat kali dalam seminggu dari Perth ke Lombok, begitu pun sebaliknya. Penerbangan Lombok - Perth dengan kode QZ 470 akan terbang setiap hari Senin, Rabu, Jumat, Minggu pada pukul 14.45 WITA, dan tiba pukul 18.40 waktu setempat.
Sementara itu, penerbangan Perth - Lombok dengan kode QZ 471 akan terbang di hari yang sama, yaitu Senin, Rabu, Jumat, Minggu pada pukul 19.30 waktu setempat dan tiba pukul 2325 WITA.
Untuk merayakan penjualan perdana rute baru ini, AirAsia juga memberikan promo harga Lombok - Perth, maupun sebaliknya yang dijual mulai Rp 599 ribu untuk sekali jalan dan dapat dipesan tanggal 14 - 24 Maret 2019. Harga tiket promo ini berlaku untuk perjalanan mulai 9 Juni hingga 26 Oktober 2019.
ADVERTISEMENT
Tertarik?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan