Pencarian populer

Bye Polusi, Di Spanyol Ada Kota yang Bebas dari Kendaraan Bermotor

Suasana di Kota Pontevedra Foto: Shutter Stock

Pernah membayangkan sebuah kota tanpa kendaraan bermotor? Jika belum, kamu bisa menemukannya di Spanyol.

Ya, Spanyol punya kota bernama Pontevedra yang terletak di bagian barat laut Negeri Matador tersebut. Uniknya, di kota ini kamu tidak akan menemukan suara deru mesin dan klakson kendaraan bermotor.

Dilansir dari berbagai sumber, kebijakan ini dilakukan setelah pemilihan umum yang dilakukan pada tahun 1999. Di mana Wali Kota terpilih saat itu yang bernama Miguel Anxo Ferandez Lores, mengusulkan kepada para penduduk untuk menciptakan sebuah kota yang ramah lingkungan, terutama bagi orang-orang yang paling rentan.

Suasana di Kota Pontevedra Foto: Shutter Stock

"Sebelum saya menjadi wali kota, ada 14 ribu lebih mobil yang melintasi jalan-jalan di kota setiap harinya. Mobil-mobil yang melintas justru lebih banyak dibandingkan orang yang tinggal di sini," kata Lores.

Sang wali kota pun memiliki sebuah filosofi sederhana bahwa, "Memiliki mobil hanya akan memberikanmu ruang publik yang terbatas".

Setelah satu bulan pemilihan, filosofi sederhana Wali Kota Pontevedra menjadi bagian dari sejarah kota tersebut. Artinya kota tersebut telah melarang berbagai macam kendaraan, mulai dari mobil pribadi, truk, bus, hingga taksi.

Peta Rute Pejalan Kaki di Pontevedra Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan

Hal itu membuat Kota Pontevedra memiliki ruang publik yang cukup luas, sekitar 300 ribu meter persegi. Kebijakan ini juga menghilangkan segala macam fasilitas parkir hingga rambu lalu lintas.

Dalam aktivitas sehari-hari, penduduk Pontevedra lebih banyak berjalan kaki atau bersepeda. Walau begitu, kebijakan ini dianggap sebagai salah satu ide buruk, meskipun nyatanya telah berlangsung selama 20 tahun hingga sekarang.

Suasana di Kota Pontevedra Foto: Shutter Stock

Meski dipandang sebelah mata, ternyata penduduk Pontevedra memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Mulai dari angka kematian yang menurun akibat kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kualitas udara dengan emisi yang berkurang hingga 70 persen, serta pertumbuhan penduduk yang kini populasinya telah bertambah hingga 12 ribu orang. Wajar saja jika Pontevedra dianggap sebagai "Paradise" atau "sepotong surga" yang ada di Spanyol.

Bagaimana menurutmu? Tertarik untuk mengunjungi Pontevedra di Spanyol?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33