Pencarian populer

Lantai Bandara Dilapisi Karpet, Apa Alasannya?

Karpet yang melapisi lantai di Bandara. (Foto: Shutter Stock)
Bagi kamu yang pernah atau sering ke bandara, pernahkah sadar bahwa beberapa tempat di bandara memiliki lantai yang dilapisi karpet? Menurutmu, apa tujuan penggunaan karpet ini?
ADVERTISEMENT
Biasanya, penggunaan karpet justru akan membuat roda koper tersendat atau justru menyulitkan petugas kebersihan bandara untuk membersihkannya. Namun, ternyata ada alasan tertentu di balik penggunaan karpet tersebut.
Karpet yang melapisi lantai di Bandara. (Foto: Shutter Stock)
Dilansir Independent, MentalFloss menjelaskan bahwa beberapa area di bandara sengaja melapisi lantainya dengan karpet, karena hal tersebut dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku penumpang. Ya, penggunaan karpet akan membuat pelancong merasa lebih santai sebelum lepas landas.
Hal ini karena karpet mampu memberikan efek rasa lembut dan nyaman. Alhasil, akan membuat para pelancong merasa sedang berada di ruang tamu rumahnya.
Karpet yang melapisi lantai di Bandara. (Foto: Shutter Stock)
Selain itu, karpet yang berpadu dengan langit-langit rendah, pencahayaan alami, serta tempat duduk nyaman punya beberapa manfaat lainnya. Misalnya saja mendorong relaksasi pada pelancong yang sedang tertekan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, menurut perusahaan riset DKMA, saat penumpang merasa santai dan senang, mereka akan menghabiskan sekitar 7 persen uang untuk belanja di ritel. Kemudian sebanyak 10 persen wisatawan akan berbelanja di toko yang bebas bea pajak.
Karpet yang melapisi lantai di Bandara. (Foto: Shutter Stock)
Maka tak heran di beberapa area yang menggunakan karpet, seperti di dekat gerbang keberangkatan, berdiri beberapa toko ritel. Toko-toko tersebut juga biasanya punya sedikit karyawan.
Bukan tanpa sebab, hal ini karena calon penumpang akan merasa lebih nyaman dan bebas bila hanya ada sedikit pelayan di toko tersebut. Justru ketika ada banyak penjaga, mereka cenderung akan meninggalkan toko.
Mental Floss juga mencatat demi membuat penumpangnya nyaman dan senang, beberapa bandara menambahkan fasilitas lainnya. Misalnya saja spa, ruang yoga, kursi pijat, bahkan kolam renang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80