Pencarian populer

Menilik JPO Bundaran Senayan yang Kian Instagramable

JPO Bundaran Senayan, Jakarta. (Foto: Firman Herwanto)

Saat ini warga Jakarta kembali dimanjakan dengan fasilitas baru yang ada di ibu kota. Setelah sebelumnya banyak trotoar yang sudah direvitalisasi sehingga tampak lebih lebar dan tentunya nyaman, kini giliran jembatan penyeberangan orang yang sudah diperbaharui agar terlihat menarik.

Salah satu JPO yang akhir-akhir ini menarik perhatian masyarakat Jakarta dan sekitarnya adalah yang terdapat di Bundaran Senayan. Bukan tanpa sebab, karena jembatan ini terlihat Instagramable setelah direvitalisasi.

JPO Bundaran Senayan, Jakarta. (Foto: Firman Herwanto)

Dari kejauhan, bangunan JPO sudah berbeda dari jembatan lama. Tampak jembatan didesain lebih dinamis dari sebelumnya. Hal ini juga diamini oleh Firman Herwanto, IAI, Team Leader Arsitek PT Arkonin, yang menangani desain jembatan tersebut.

"JPO Bundaran Senayan kan tidak jauh dari Gelora Bung Karno, jadi kami terinspirasi untuk mengambil semangat warga Jakarta. Oleh karena itu, desainnya pun sedinamis mungkin," ujar Firman, ketika dihubungi kumparanTRAVEL melalui sambungan telepon, Selasa (15/11).

Ya, jika kamu lihat, JPO Bundaran Senayan didesain dengan detail pengulangan garis-garis di sepanjang jembatan. Memasuki area JPO, pejalan kaki disambut dengan landasan datar berbahan kayu komposit dan memiliki pegangan berbahan serupa.

JPO Bundaran Senayan, Jakarta. (Foto: Firman Herwanto)

Selain itu, di setiap ujung garis yang membentuk cincin pun dibuat lebih curve, sehingga terlihat tampak lebih lembut. Atap JPO juga sengaja dibuat dengan keburaman 60 persen, yang membuat para pejalan kaki tidak merasa silau saat siang hari.

"Senayan merupakan area perkantoran, jadi banyak pegawai kantor yang lewat di sana, sehingga kami buat agak lembut dan tidak terlalu kaku. Atap juga kita buat keburaman 60 persen, jadi ketika orang berjalan mereka tetap terkena cahaya matahari," terang Firman.

JPO Bundaran Senayan, Jakarta (Foto: Firman Herwanto)

Uniknya, lebar cincin yang mencapai 40 sentimeter dan melingkari seluruh area JPO, membuat jembatan ini terasa Instagramable. Terlebih saat naik ke main bridge sepanjang 68 meter, pejalan kaki akan disuguhi jajaran pagar putih dan lampu temaram yang menyala pada malam hari.

Lorong main bridge inilah yang diprediksi akan menjadi spot foto favorit orang-orang yang melintas di atasnya. Selain itu, pejalan kaki juga dapat menikmati suasana kota Jakarta, khususnya daerah Sudirman dari atas jembatan ini.

JPO Bundaran Senayan, Jakarta. (Foto: Firman Herwanto)

Nantinya, tak hanya JPO Bundaran Senayan saja yang akan direvitalisasi, sehingga tampak Instagramable. Tetapi juga JPO Gelora Bung Karno dan JPO Polda akan turut direvitalisasi.

"Rencananya JPO Bundaran Senayan akan dibuka untuk umum 15 Januari 2019, disusul JPO Gelora Bung Karno yang akan selesai pada akhir Januari dan JPO Polda pada Februari," pungkas Firman.

JPO Bundaran Senayan Jakarta (Foto: Firman Herwanto)

Semoga penduduk Jakarta atau yang menggunakannya bisa merawat JPO Bundaran Senayan ini agar tetap awet dan indah, ya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: